Inilah 7 Manfaat Singkong Mentah yang Jarang Diketahui

11

Singkong adalah salah satu tanaman yang tergolong dalam umbi-umbian. Singkong sangat mudah ditemukan di Indonesia. Biasanya, singkong digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Banyak pengolahan singkong yang dapat kita coba dirumah seperti merebusnya, menggorengnya atau diolah menjadi makanan lainnya.

Perlu kalian ketahui bahwa singkong memiliki banyak manfaat tidak terduga untuk kesehatan tubuh kita. Tanaman berjenis umbi-umbian ini meski tidak diolah atau dalam keadaan mentah tetap memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Lantas apa manfaat singkong mentah untuk tubuh? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

  1. Mengatasi Penyakit Jantung

Singkong mentah ternyata terdapat vitamin C dan kandungan asam folat yang dapat membantu jantung kita tetap sehat. Selain itu, mengkonsumsi rebusan air singkong juga dapat memperoleh kandungan folat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

  1. Mencegah Darah Tinggi

Singkong mentah mengandung banyak serat dan karbohidrat yang jika dipadukan maka dapat mengontrol tekanan darah kita agar tidak menjadi darah tinggi. Penggunaannya pun cukup mudah, hanya mengkonsumsi satu cangkir rebusan singkong setiap harinya, boleh pagi ataupun malam hari.

  1. Mengatasi Penyakit Lambung

Umumnya penyakit lambung terjadi akibat telat makan, biasa penyakit ini disebut dengan istilah penyakit maag. Penyakit ini tidak hanya menyerang lambung saja, bahkan penyakit ini bisa menyerang ulu hati dan tenggorokan.

Penggunaannya cukup mudah hanya mengambil sari dari singkong tersebut. Sari singkong berkhasiat menetralkan asam lambung dan membuat perih pada lambung cepat sembuh. Sebaiknya konsumsi ini di pagi hari.

  1. Mengatasi Diabetes

Manfaat lain dari singkong mentah adalah mengontrol diabetes, yakni penyakit gula darah yang jika tidak segera diatasi maka akan berakibat fatal.

  1. Mencegah Kolesterol

Singkong mengandung sapoint yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, sapoint ini dapat mengikat kolesterol dan asam empedu sehingga kolesterol tidak sampai ke usus kecil.

Selain itu, sapoint dari singkong ini dapat melindungi sel tubuh kita sehingga tidak mudah rusak dan mencegah penyakit berbahaya lainnya seperti kanker da lain-lain.

  1. Melindungi Sel Tubuh

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa singkong memiliki kandungan sapoint yang bisa melindungi kita dari berbagai jenis penyakit. Sapoint ini dapat melindungi sel tubuh kita dari berbagai macam penyakit sehingga tubuh kita menjadi lebih terjaga.

  1. Menjaga Berat Badan

Bagi para wanita, tubuh yang ideal sangatlah diinginkan setiap wanita. Untuk itu, karbohidrat yang terkandung dalam singkong ini jika dikonsumsi maka dapat membuat tubuh kita menjadi kenyang dan tanpa kita sadari kita telah melakukan diet sehat. Selain itu, mengkonsumsi singkong dapat melancarkan sistem pencernaan kita.

Itulah tadi 7 manfaat singkong mentah yang tidak terduga sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.