Inilah 6 Permainan Tradisional Jepang yang Wajib Kamu Ketahui

61

Jepang sudah memperkenalkan berbagai jenis permainan tradisional yang menghibur sangat anak-anak dari masa ke masa. Meski di zaman sekarang sudah memasuki era modern, nyatanya masih banyak anak-anak Jepang yang masih memainkan mainan tradisional tersebut dan itu suatu kebanggaan tersendiri dari Negara Jepang tersebut.

Mereka biasanya memainkan permainan tradisional tersebut pada saat tahun baru. Hal ini juga sekaligus membuktikan bahwa generasi muda di Negara Jepang ini sangat antusias sekali dengan budaya-budaya di masa yang lalu dan tidak membiarkannya lenyap begitu saja di telan oleh zaman.

Berikut inilah macam-macam permainan tradisional yang terkenal di Jepang hingga sekarang.

1. Koma (Gasing Tradisional)

Kamu pasti kamu juga sudah gak asing lagi dengan yang namanya permainan memutarkan gasing dengan tali seperti ini. Permainan koma yang berasal dari jepang ini sangat populer sekal di Jepang pada tahun 1920-an. Mainan koma ini ada yang terbuat dari besi dan ada juga yang terbuat dengan kayu.

Biasanya anak-anak jepang kalau memainkan permainan ini yaitu pada saat tahun baru tiba, nah disanalah banyak berkumpul anak-anak yang sangat ramai dan mereka pun biasa berkumpul sambil bermainan permainan tradisional ini yaitu koma.

2. Daruma Otoshi

Permainan yang selanjutnya yaitu Daruma Otoshi permainan ini biasanya melibatkan boneka Daruma yang terdiri dari 5 bagian. Pemainnya yang akan di persenjatai dengan palu kecil. Tugas mereka yaitu dengan memukul Daruma tersebut tiap bagian mulai dari bawah hingga sampai ke atas. Peraturannya dalam bermain selagi ada bagian yang masih dipukul, maka bagian lainnya tidak boleh jatuh atau harus tetap tegak berdiri.

3. Kendama

Dalam permainan Kendama ini ada juga peringkat yang digunakan sama dengan peringkat yang digunakan dalam olah raga seni bela diri yang disebut “Kyu”. Peringkat tersebut akan dimulai dari peringkat yang paling bawah/peringkat 10 dan terus naik sampai peringkat 1 yaitu peringkat tertinggi yang akan dapat diraih oleh pemain. Untuk dapat naik satu peringkat lebih tinggi, maka si pemain harus berhasil melakukan gerakan yang dikhususkan untuk level yang lebih tinggi setidaknya sekali dalam sepuluh kali percobaan yang akan diberikan.

4. Shogi

Shogi (将棋 shōgi) atau sering disebut catur Jepang ini adalah sebuah permainan tradisional papan yang berasal dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama.

Permainan ini diperkirakan juga berasal dari permainan dari India kuno yang disebut dengan caturangga, dan termasuk dalam permainan papan berstrategi yang sekelompok dengan sejenis catur, janggi dari Korea, dan xiangqi yang berasal dari Cina.

Di seluruh dunia, permainan shogi diperkirakan menempati urutan ketiga dalam jumlah pemain setelah catur dan xiangqi. Ciri khas permainan shogi yang sangat membedakannya dari catur pada umumnya adalah sistem memainkan kembali buah lawan yang sudah tertangkap. Walaupun sudah naik pangkat, buah yang tertangkap akan kembali lagi ke pangkat yang semula.

Buah lawan yang sudah tertangkap maka aka menjadi milik pihak yang menangkap tersebut, dan dapat diletakkan kembali di atas papan untuk memerangi mantan majikan.

5. Ohajiki/B-dama

Jika ada kelereng yang berbentuk bulat, maka Ohajiki ini adalah kelereng yang berbentuk pipih. Cara bermain permainan ini adalah dengan membidik kelereng-kelereng lainnya atau musuh hingga mengenai kelereng tersebut. Sebuah permainan yang banyak sekali dimainkan oleh para laki-laki dan bahkan anak perempuan pun juga ada yang bisa memainkan permainan ohajiki ini.

6. Ayatori

Ayatori adalah sebuah permainan tradisional yang merupakan game tradisional yang melibatkan penggunaan karet tali untuk dibuat menjadi berbagai macam bentuk yang di inginkan.

Permainan ini sering dikenal sebagai seni melipat tali. Permainan Ayatori sendiri sering ditemui di sebuah kartun pada film Doraemon.