Inilah 6 Ciri-ciri Kucing yang Sedang Sakit

14

1.Mata Kucing Banyak Mengeluarkan Kotoran

Apabila mata kucing banyak mengeluarkan kotoran, itu tandanya si kucing sedang sakit, sakit yang diderita kucing dengan ciri-ciri ini adalah cacingan, maka segeralah bawa ke dokter hewan untuk diberi pil cacing, pil cacing untuk kucing seharga Rp. 30.000 dan diberikan sekali dalam tiga bulan.

2.Keluar Cairan Putih dari Dubur

Apabila ada cairan yang keluar dari dubur kucing, mulai dari cairan bewarna bening, putih kental, nanah hingga berdarah itu bisa jadi kucing mengalami penyakit pyometra dan ini termasuk penyakit yang sangat berbahaya.

Karena penyakit ini adalah penyakit infeksi rahim yang dapat menyebabkan pembengkakakn rahim, satu-satu cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan cara sterilisasi kucing, segeralah bawa kucing kedokter untuk perawatan lebih lanjut.

3.Kucing Lemas

Terlalu banyak tidur atau tidur-tiduran seharian tanpa melakukan aktifitas yang energik merupakan ciri-ciri kucing yang sedang sakit. Kucing yang sehat pada pagi hari sudah bangun, makan dan bermain hingga menjelang siang.

Selanjutnya dari siang hingga sore hari barulah si kucing mengantuk lagi. Kucing adalah hewan yang senang bermain, dan apabila seharian kucing tidak bermain itu bukan tanda bahwa kucing sedang bermalas-malasan, tetapi tanda kucing sedang sakit.

4.Nafsu Makan yang Menurun

Kucing yang sehat sangat senang makan, terutama di pagi hari dan menjelang sore, tetapi kucing yang sedang sakit akan kehilangan nafsu makan dan cenderung banyak minum dibanding makan.

5.Tidak Mandi-mandi

Kucing bisa mandi sendiri, ciri-ciri yang paling terlihat jelas dari kucing yang sehat adalah kucing sering mandi (menjilat-jilat dirinya sendiri), tetapi kucing yang sakit dia jarang sekali mandi.

Ini merupakan ciri-ciri juga apabila kucing baru saja sembuh dari sakit yang ia derita, kucing akan mampu untuk mulai mandi (menjilat-jilat tubuhnya). Akan berbeda hal dengan kucing yang sakit, ia tidak akan mandi.

6.Bulu Banyak yang Rontok

Bulu rontok sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi pada kucing, tetapi apabila terlalu banyak kerontokkan yang terjadi hal ini harus diwaspadai, bisa jadi anda sebagai pemilik kucing memandikan kucing dengan sabun yang tidak cocok dengan badan si kucing.

Cobalah ganti sabun mandi kucing, atau jangan mandikan kucing untuk beberapa hari terlebih dahulu untuk mengetahui apa penyebab pasti bulu kucing banyak yang rontok.

Selanjutnya, kucing yang sudah disterilisasi, divaksin, diberi obat cacing akan menjadi lebih sehat dan kerontokkan yang dialami kucing akan sangat jauh berkurang karena kesehatan tubuh yang semakin meningkat.