Inilah 5 Tanda Kiamat Dalam Islam yang Telah Terjadi!

10
tanda kiamat

Salah satu rukun iman dalam Islam adalah iman kepada hari kiamat. Namun tidak ada satu manusia pun yang tahu mengenai kapan terjadinya kiamat, termasuk Rasulullah saw. Namun Al Qur’an dan hadits telah menjelaskan tanda-tanda kiamat yang akan terjadi dan beberapa diantaranya sudah terjadi. Berikut ini adalah beberapa tanda kiamat dalam Al Qur’an dan hadits yang sudah terjadi saat ini:

1. Banyak Bangunan Tinggi

Salah satu tanda kiamat sudah dekat adalah banyaknya bangunan tinggi di dunia. Hal ini sudah terjadi. Banyak negara yang berlomba-lomba membangun gedung pencakar langit yang seolah menunjukkan kesombongan manusia mampu menjadi mahluk langit juga.

Rasul bersabda,

وَلَكِنْ سَأُحَدِّثُكَ عَنْ أَشْـرَاطِهَا… (فَذَكَرَ مِنْهَا:) وَإِذَا تَطَاوَلَ رِعَاءُ الْبَهْمِ فِي الْبُنْيَانِ فَذَاكَ مِنْ أَشْرَاطِهَا.

Akan tetapi aku akan menyebutkan kepadamu tanda-tandanya… (lalu beliau menyebutkan, di antaranya:) jika para pengembala kambing berlomba-lomba meninggikan bangunan, maka itulah di antara tanda-tandanya.

2. Maraknya Alat Musik dan Penyanyi

Sebagaimana kita ketahui, profesi penyanyi seolah menjadi salah satu profesi terfavorit saat ini. Kita akan dapat mendengar suara musik dimana pun kita berada. Inilah salah satu tanda kiamat semakin dekat.

Dari Sahl bin Sa’d Radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَكُونُ فِـي آخِرِ الزَّمَانِ خَسْفٌ وَقَذْفٌ وَمَسْخٌ قِيْلَ: وَمَتَى ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا ظَهَرَتِ الْمَعَازِفُ وَالْقَيْنَاتُ.

“Di akhir zaman nanti akan ada (peristiwa) di mana orang-orang ditenggelamkan (ke dalam bumi), dilempari batu dan dirubah rupanya.” Beliau ditanya, “Kapankah hal itu terjadi wahai Rasulullah!” Beliau menjawab, “Ketika alat-alat musik dan para penyanyi telah merajalela.” (HR. Ibnu Majah dalam Sunannya sebagian dari awalnya (II/1350) tahqiq Muhammad Fu-ad ‘Abdul Baqi)

3. Berlomba Menghias Masjid

Tentu bukan hal baru lagi jika setiap daerah memiliki masjid yang begitu megah. Hal ini juga merupakan salah satu tanda kiamat. rasul bersabda,

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَبَاهَى النَّاسُ فِي الْمَسَاجِدِ.

Tidak akan tiba Kiamat hingga manusia saling berbangga-bangga dengan masjidnya.” (Musnad Ahmad (III/134, dengan catatan pinggir Muntakhab Kanz)

4. Riba Merajalela

Hampir semua barang duniawi saat ini memiliki unsur riba. Banyaknya lembaga finansial yang menawarkan pinjaman lunak membuat banyak orang tergiur. Rasul bersabda,

بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ يَظْهَرُ الرِّبَا.

Menjelang hari Kiamat riba akan merajalela.” (HR. Ath-Thabrani)

5. Banyaknya Fitnah dan Kebodohan

Tak bisa dipungkiri, jaman sekarang fitnah bagaikan aliran air yang sulit untuk dibendung. Kebodohan yang merajalela juga membuat semakin banyak orang percaya dengan fitnah.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَتَقَارَبُ الزَّمَانُ وَيُقْبَضُ الْعِلْمُ وَتَظْهَرُ الْفِتَنُ وَيُلْقَى الشُّحُّ وَيَكْثُرُ الْهَرْجُ.

Zaman saling berdekatan, ilmu dihilangkan, berbagai fitnah bermunculan, kebakhilan dilemparkan (ke dalam hati), dan pembunuhan semakin banyak.’” (Shahiih Muslim, kitab al-Ilmi bab Raf’ul ‘Ilmi (XVI/222-223, Syarh an-Nawawi)

Itulah beberapa tanda kiamat dalam Islam yang telah terjadi. Sungguh kiamat semakin dekat, maka sebaiknya kita persiapkan segala amal ibadah kita sebagai bekal di hari akhir nanti.