Inilah 5 Makanan Pemicu Estrogen yang Bagus Bagi Wanita

18

Menurut Wikipedia, estrogen adalah sekelompok senyawa steroid yang berfungsi sebagai hormon seks wanita. Meski begitu, hormon ini juga ada di tubuh pria. Walaupun kandungannya jauh lebih tinggi pada tubuh wanita, terutama pada wanita usia subur. Hormon inilah yang menjadi penyebab terjadinya perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, seperti payudara.

Jika kamu sedang dalam masa pubertas, ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi dengan kandungan estrogen yang baik. Karena makanan tersebut berperan penting untuk mengoptimalkan kehidupan seksual dan reproduksi agar dapat berfungsi secara optimal.

Bagaimanapun juga, hormon estrogen berguna untuk mengatur siklus kewanitaan, memproduksi hormon kewanitaan, menjaga jantung, otot, tulang, serta sistem reproduksi dan seksual dalam keadaan sehat. Nah, karena itu, berikut ini ada tips terkait makanan yang dapat kalian konsumsi untuk memicu hormon estrogen, yaitu:

  • Buah-buahan

Makanan pertama yang dapat memicu hormon estrogen adalah buah-buahan. Bahkan dalam produk buahan kering, seperti plum dan kurma memiliki kandungan fitoestrogen. Selain itu, dengan mengonsumsi buah-buahan kering, bisa membantu menurunkan kolestrol, sehingga terhindar dari penyakit stroke, penyakit jantung, dan sebagainya.

  • Sayur-sayuran

Untuk masalah kesehatan, sayuran-sayuran memang menjadi poros utama selain buah-buahan. Dalam hormon estrogen, sayuran-sayuran memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat memproduksi hormon pada tubuh perempuan. Contoh sayuran yang mengandung fitoestrogen adalah buncis dan brokoli.

Dalam mengolah buncis, hidangkanlah dalam keadaan matang, sedangkan brokoli bisa dimasak sebagai jus dan paling penting adalah masaklah borokoli dalam waktu yang tidak lama.

  • Biji-bijian

Tak hanya buah dan sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung fitoestrogen dalam jumlah yang besar. Mereka bisa dicampur dengan makanan lain yang kaya akan vitamin dan mineral. Contoh yang dapat kalian konsumsi adalah gandum dan oatmeal.

Meski gandum penting, tetapi di Indonesia sendiri masih rendah dikonsumsi. Padahal, gandum sangat berperan penting untuk kalian yang sedang meningkatkan kebiasaan hidup sehat.

  • Kedelai

Selanjutnya yang mengandung fitroestrogen adalah kedelai. Dalam 100 gram kedelai, mengandung 103 mikrogram fitoestrogen. Pilihlah makanan yang terbuat dari kedelai, seperti yogurt dan oncom.

  • Kacang-kacangan

Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang dapat kalian makan karena semuanya mengandung fitoestrogen. Antara lain, kacang mete dan almond.

Selain dari makanan, kalian juga bisa melakukannya dengan pola hidup sehat. Pertama adalah latihan aerobik. Dengan latihan aerobik, akan dapat membantu menghasilkan metabolisme estrogen. Maka dari itu, sisihkanlah waktu sekitar tiga puluh menit untu berolahraga.

Selanjutnya adalah tidur lebih dari enam jam. Jangan tidur kurang dari enam jam karena dapat mengurangi produksi hormon estrogen. Terakhir adalah mengonsumsi suplemen. Akan tetapi, mengonsumsi suplemen adalah pilihan terakhir dan hanya boleh dilakukan atas anjuran dokter.