Inilah 5 Cara Mudah Merawat Rem Mobil

16

Rem mobil adalah komponen yang sangat krusial pada sebuah kendaraan beroda empat. Untuk itu, rem mobil menjadi komponen yang harus selalu dalam kondisi baik untuk performa mesin mobil anda.

Agar kondisi rem mobil anda selalu baik, maka anda selaku pemilik kendaraan sebaiknya tidak boleh lalai dalam perawatan rem mobil. Tidak hanya mencuci mobil dan merawat bagian luar mobil, namun bagian dalam mobil seperti mesin, oli dan rem harus dirawat dengan baik.

Mungkin sebagian dari anda menganggap bahwa merawat mobil adalah hal yang cukup sulit. Namun nyatanya ada cara yang lebih mudah untuk merawat mobil khususnya bagian rem mobil. Sebenarnya, merawat rem mobil hanya terletak di bagian kampasnya. Jika Kampas rem mobil sudah menunjukkan gejala aus maka kampas rem mobil sudah wajib diganti.

Lantas bagaimana cara merawat rem mobil? Berikut merupakan 4 cara mudah merawat rem mobil.

  • Rutin periksa bagian rem mobil

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk merawat rem mobil anda adalah dengan rutin memeriksa rem mobil anda. Melakukan pemeriksaan rutin dapat membuat anda terhindar dari hal-hal yang tidak anda inginkan saat berkendara.

Memeriksa secara rutin rem mobil anda juga membantu anda mengetahui kondisi rem mobil anda apakah dalam keadaan baik atau sebaliknya. Memeriksa rutin rem mobil anda juga membantu anda untuk mengira kapan waktu yang tepat untuk mengganti bagian yang rusak dan perlu diganti.

  • Mengganti minyak rem mobil

Untuk merawat rem mobil, langkah mudah pertama anda perlu mengganti minyak rem mobil di setiap 20.000 km atau setiap dua tahun sekali.

  • Jangan berlebihan menambah minyak rem di tabung reservoir

Mengapa anda tidak boleh menambahkan minyak em secara berlebihan di tabung reservoir? Memang sesuatu yang berlebihan tidak akan baik begitu juga menambah minyak rem.

Hal ini dikarenakan jika jumlah minyak rem berkurang maka hal tersebut menandakan ketebalan kampas rem di kendaraan sudah mulai tipis. Kecuali jika adanya penurunan jumlah minyak rem yang berlangsung cepat barulah hal ini menandakan telah terjadi kebocoran pada sistem rem mobil anda.

  • Membersihkan debu rem mobil

Selain mengganti minyak rem, anda juga perlu rutin membersihkan debu di rem mobil anda dengan menggunakan pembersih rem. Hal ini dimaksudkan agar dapat meminimalkan kerusakan rotor disc akibat debu yang terjebak di antara brake pad dan rotor disc. Untuk menghindari masalah tersebut maka sebaiknya anda rutin membersihkan debu pada rem mobil anda.

  • Membubut piringan rem

Membubut piringan rem bisa anda lakukan jika anda merasa ada getaran ketika anda menginjak pedal rem. Akan tetapi setiap produsen mobil memiliki batas minimum ketebalak dari rotor disc.

Itulah pembahasan mengenai cara mudah merawat rem mobil semoga dapat membantu.