Inilah 4 Pemain Basket Indonesia yang Sukses Berkiprah di Luar Negeri!

13

Jika biasanya kita menemukan beberapa tim basket yang merekrut pemain luar negeri untuk bermain dalam klub basket nasional, ternyata banyak juga pemain basket asli Indonesia yang sukses meniti karir di luar negeri. Beberapa warga negara Indonesia atau keturunan Indonesia memiliki karir yang cukup cemerlang sebagai pemain basket di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa pemain basket asal Indonesia yang sukses meniti karir di luar negeri:

1. Ebrahim Enguio Lopez

Pemain keturunan Indonesia ini lebih dikenal dengan nama Biboy. Pria dengan tinggi 183 cm ini sebelumnya bermain untuk Stapac di Indonesia. Meskipun kini ia bermain di Filipina, namun masuk ke dalam calon pemain timnas basket Indonesia.

Pria yang lahir pada tanggal 31 Januari 1988 di Filipina ini pun tidak menampik bahwa ia ingin bergabung membela timnas Indonesia nantinya.

2. Mario Wuysang 

Pria asli Indonesia ini kini bermain untuk Zhuhai Wolf Warriors China di ABL. Pria yang dijuluki Uncle Roe ini memulai karir di Aspac pada tahun 2000. Pria yang telah memasuki kepala 4 ini juga pernah bermain untuk Indonesia Warriors, Garuda Bandung, Satria Muda Jakarta, dan kini CLS Knights Surabaya.

3. Sandy Febriansyah

Satu lagi pemain basket Indonesia yang sukses berkarir di luar negeri adalah Sandy Febriansyah. Pria yang lahir di Pontianak ini kini menjadi kapten tim CLS Knights Surabaya yang berhasil menjuarai ABL. Meskipun Sandy sukses meniti karir di luar negeri, namun prestasinya membuat namanya berhasil masuk menjadi calon timnas basket Indonesia.

4. Jamarr Johnson

Jamarr Johnson adalah pemain basket berkebangsaan asli Indonesia yang lahir di Neraka Jersey, Amerika Serikat. Meskipun memiliki karir yang sangat cemerlang di Amerika, namun ia masih mempertahankan kebangsaan Indonesia miliknya sehingga ia tercatat sebagai salah satu pemain yang diperhitungkan akan memasuki timnas basket Indonesia.

Memulai karir sebagai pemain di CLS Knights Surabaya pada tahun 2015, ia juga pernah masuk ke dalam tim basket Dunkin Raptors yang ada di Thailand. Kini ia bermain kembali di Indonesia untuk Satria Muda Pertamina di IBL.

Itulah beberapa pemain asli Indonesia yang sukses meniti karir di dunia basket luar negeri. Ada juga beberapa mahasiswa yang kuliah di luar negeri sekaligus bermain untuk tim basket kampusnya. Meskipun berada jauh dari kampung halaman, namun kesuksesan mereka tetap membuat nama Indonesia semakin harum di kancah dunia.