Inilah 4 Jenis Kitab Weda Dalam Agama Hindu

32

Setiap umat beragama tentu memiliki pedoman melalui kitab sucinya tersendiri. Namun pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai kitab suci umat Hindu.

Kitab suci umat Hindu adalah Weda. Veda ini merupakan kumpulan besar dari literature kuno yang termasuk ke dalam ajaran Sruti. Umat Hindu percaya bahwa isi Weda ini merupakan kumpulan wahyu yang berasal dari Tuhannya.

Veda diyakini sebagai literature tertua dalam peradapan manusia yang ada hingga saat ini. Awalnya, Veda diturunkan secara lisan, dan para pemimpin agama inilah yang mengajarkan ajaran Veda yang sudah berbentuk tulisan.

Kitab suci Weda merupakan kitab suci pokok bagi agama Hindu yang merupakan sumber dari kelima perangkat kitab suci lainnya. Bahkan kitab suci weda ini merupakan sumber dari naskah-naskah yang berisi tentang masalah duniawi dan material.

Dalam ajaran agama Hindu, terdapat 4 (empat) jenis kitab weda, yakni sebagai berikut:

  • Regweda

Kitab ini merupakan kitab tertua, paling baik dan paling mulia. Tatanan, irama, bahasa dan mantra-mantranya sangat indah dan mewujudkan keagungan yang sebenar-benarnya.

  • Yajurweda

Kitab yang satu ini berbentuk prosa dan dipergunakan oleh para pendeta Yajur Weda guna menjelaskan tambahan dari upacara-upacara tertentu.

  • Samaweda

Kitab ini dimaksudkan untuk dinyanyikan oleh pada pendeta sama Weda dalam pelaksanaan upacara-upacara tertentu.

  • Atharwaweda

Kitab ini dipergunakan oleh para pendeta Atharwaweda untuk membetulkan salah ucapan dan pelaksanaan yang mungkin saja terjadi tanpa disengaja oleh ketiga pendeta lainnya dalam upacara korban. Atharwaweda ini dibagi menjadi 50 bagian yang sampai saat ini jumlah Weda seluruhnya berjumlah 1180 resensi.

Ke 4 (empat) jenis kitab weda tersebut di atur selama periode kaliyuga. Agama Hindu ini merupakan kelanjutan dari agama Veda atau Brahmanisme yang memiliki makna yakni kepercayan Indo-Iran (Arya).

Agama Hindi diperkirakan sudah muncul sejak tahun 3102 Sm sampai 1300 SM yang menjadi agama tertua di dunia dan masih bertahan hingga saat ini.

Agama Hindu merupakan agama terbesar ketiga di dunia setelah agama Kristen dan islam di dunia dengan jumlah umat nya sekitar 1 miliyar.

Umumnya, umat Hindu ditemukan di anak benua India yang populasinya mencapai hingga 90%. Agama Hindu juga pernah menjadi agama terbesar se Asia Tenggara hingga abad ke-15 setelag runtuhnya Majapahit.

Pada saat tersebut Agama Hindu digantikan oleh agama Islam dan Kristen. Namun pada saat ini mayoritas agama Hindu di Indonesia menetap di Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.

Demikian penjelasan mengenai 4 (empat) jenis kitab weda dalam agama Hindu. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan berguna untuk anda para pembaca sekalian. Semoga bermanfaat!.