Inilah 4 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Jika Suami Istri Bekerja

81

Saat ini, sudah menjadi hal yang lumrah jika dalam sebuah rumah tangga, baik suami maupun istri bekerja. Wanita karir seolah menjadi suatu fenomena yang sudah amat biasa. Kebutuhan akan banyak hal juga membuat banyak wanita harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Meskipun keduanya bekerja, tapi ternyata mengatur keuangan dalam rumah tangga masih menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Keuangan tetap harus mendapatkan perhatian lebih karena meskipun terdapat dua sumber pendapatan, namun ternyata sering kali justru pengeluaran juga jadi lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga jika suami dan istri sama-sama bekerja:

1. Membuat catatan pemasukan dan pengeluaran

Sangat penting untuk memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran. Bukan hanya diperlukan oleh perusahaan, rumah tangga sekalipun harus memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran.

Hal ini agar keuangan rumah tangga jadi jauh lebih teratur dan mudah diawasi. Catatan pemasukan dan pengeluaran akan membuat keuangan rumah tangga jadi lebih gampang dikendalikan.

Dengan catatan pemasukan dan pengeluaran, Anda juga bisa lebih mudah merencanakan liburan, pendidikan, dan hal penting lainnya yang memang membutuhkan uang yang banyak.

2. Membuat rekening bersama

Ketika keduanya sudah menikah dan sama-sama bekerja, maka sudah seharusnya untuk membuka rekening bersama. Tujuan dari rekening ini adalah agar keuangan rumah tangga jadi lebih terkendali.

Rekening bersama akan lebih mudah dikendalikan karena setiap pemasukan akan berada dalam satu akun. Jika terlalu banyak rekening, maka akan sulit untuk mengendalikan keuangan karena masing-masing bisa membuat pengeluaran sendiri tanpa diketahui oleh lainnya.

3. Terbuka pada pasangan

Meskipun mempunyai pendapatan sendiri, namun sangat penting untuk selalu terbuka dengan pasangan mengenai keuangan. Beberapa pasangan mengira bahwa meskipun telah menikah, namun uang tetaplah menjadi milik masing-masing.

Sayangnya pemikiran ini justru akan menjerumuskan ke dalam kerusakan rumah tangga. Segala hal yang berhubungan dengan keuangan sebenarnya adalah hal yang sensitif, maka dari itu sebaiknya selalu terbuka pada pasangan. Toh, yang menggunakan uang kan Anda dan pasangan Anda sendiri, jadi tidak ada salahnya jika saling terbuka.

Namun pastikan juga jika suami dan istri selalu saling menghargai atas apa yang diinginkan. Jangan sampai hanya karena membawa kalimat ‘harta bersama’, lalu mengabaikan keinginan dari pasangan. Selalu diskusi atas setiap keputusan yang akan diambil agar pasangan merasa jauh lebih dihargai.

4. Pilih metode manajemen keuangan bersama

Jangan memutuskan segala sesuatunya sendiri meskipun menurut Anda, pasangan Anda tidak kompeten dalam masalah keuangan. Diskusikan dengan pasangan mengenai metode manajemen keuangan rumah tangga yang akan digunakan.

Pilih manajemen keuangan yang paling sederhana dan paling mudah digunakan agar Anda juga lebih mudah mengerti untuk mengatur uang Anda.

Itulah 4 cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa Anda coba. Keuangan rumah tangga membutuhkan kemampuan dan ketelitian dalam mengatur keuangan. Namun yang paling utama adalah saling percaya dan saling menghargai.

Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.