Inilah 3 Makanan Pemicu Batuk yang Harus Hindari

29

Batuk adalah salah satu penyakit yang cukup mengganggu. Saya yakin, pasti kalian semua pernah merasakan sakit batuk. Meski terbilang mengganggu, batuk adalah suatu bentuk respon alami yang dilakukan oleh tubuh sebagai sistem pertahanan. Dengan adanya batuk, pertahanan yang dilakukan adalah mengeluarkan zat dan/atau partikel dari dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah.

Batuk akan terjadi jika tenggorokan dan saluran napas merasa terganggu. Batuk yang terjadi sesekali itu normal, seperti mengeluarkan dahak. Itu bertugas menjaga saluran napas tetap lembab. Akan tetapi, jika batuk terasa terus menerus, apalagi dengan tambahnya gejala lain, seperti demam atau dahak berwarna, berarti adanya gangguan medis.

Batuk juga bisa terjadi karena adanya makanan yang asal-asalan. Maka dari itu, hindarilah beberapa makanan penyebab batuk berikut ini:

  • Makanan Digoreng

Pasti kalian pernah ketika sakit batuk, lalu ke dokter dan dokter melarang kalian makan makanan yang goreng-goreng. Sebenarnya bukanlah makanannya yang dilarang, melainkan minyak yang digunakan untuk menggoreng. Soalnya, banyak sekali di luaran sana menggunakan minyak yang digunakan berulang  kali.

Minyak yang digunakan berkali-kali, bisa menimbulkan senyawa akrolein yang dapat memicu rasa gatal di tenggorokan. Jika minyak semakin sering diguankan dan jumlahnya tidak sedikit, maka semakin berbahaya untuk kesehatan. Tak hanya itu, tekstur yang ada pada gorengan juga bisa membuat iritasi di dinding tenggorokan.

  • Makanan Olahan

Selanjutnya adalah makanan olahan. Makanan olahan menjadi salah satu penyebab terjadinya batuk. Banyak makanan olahan yang ada, seperti makanan kemasan, fast food, keripik, dan lain-lain. Ternyata, larangan tersebut bukan tanpa alasan. Menurut studi yang dikeluarkan oleh British Journal of Nutrition, nutrisi memiliki peran penting untuk mendukung kerja sistem tubuh yang akan melawan infeksi.

Artinya, asupan dengan nutrisi yang optimal akan membantu meredam batuk dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung tubuh lainnya agar dapat berfungsi dengan baik.

  • Makanan Pemicu Alergi

Meski tidak banyak orang bisa alergi terhadap suatu makanan, tetapi untuk kalian yang alergi, ada baiknya jauhi makanan yang membuat kalian alergi. Karena alergi bisa memperburuk kondisi batuk yang ada.

Nah, itulah makanan yang dapat menyebabkan batuk. Selain menghindari makanan-makanan tersebut, jika kalian sedang sakit batuk, kalian dapat mempercepat penyembuhan dengan cara meminum obat yang mengandung Dextrometorfan Hbr dan Chlorphenamine Maleate.

Dextrometorfan Hbr berfungsi sebagai antitusi untuk melawan batuk, sedangkan Chlorphenamine Maleate berfungsi sebagai antihistamin yang dapat meredakan reaksi alergi penyebab batuk. Nah, kedua kandungan tersebut saling berhubungan untuk meredakan batuk kering.

Itulah beberapa hal yang dapat kalian lakukan. Meski begitu, memang benar seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah, daripada mengobati.”