Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Sumba yang Selalu Di Incar Wisatawan

81

Sumba adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki daya tarik wisata cukup besar. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara selalu ramai mengunjungi daerah yang indah ini.

Bukan hanya keindahan alamnya yang eksotis saja yang membuat wisatawan selalu kembali mengunjungi Sumba, tapi juga oleh-oleh khas Sumba yang selalu menarik untuk dibawa pulang. Berikut adalah 10 oleh-oleh khas Sumba yang selalu dicari oleh wisatawan:

1. Kaparak

Kaparak adalah makanan khas Sumba yang terbuat dari tepung jagung, kepala, dan gula putih.  Kaparak menjadi salah satu oleh-oleh khas Sumba yang mulai sulit ditemukan namun selalu dicari oleh wisatawan. Rasanya yang manis dan gurih membuat cemilan yang satu ini disukai oleh siapa saja.

2. Kain Tenun Sumba

Siapa yang tidak kenal dengan kain tenun Sumba? Kain tenun Sumba adalah kain tenun yang nilainya jauh lebih makah dibandingkan kain tenun lainnya.

Hal ini disebabkan karena motif kain tenun Sumba yang begitu detail ditambah dengan warna yang digunakan terbuat dari alam, mulai dari merah bata, indigo, kuning tua. Harga satu kain tenun Sumba dibanderol mulai dari 150 ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

.

3. Perhiasan Etnik Mamuli

Perhiasan etnik Mamuli biasanya dibuat dari kuningan, tembaga, dan bahan perhiasan lainnya. Keunikan dari perhiasan ini adalah bentuknya yang sangat cantik dan bisa dikreasikan menjadi liontin, kalung, gelang, bros, dan lainnya.

4. Tali Luluamah

Tali luluamah adalah tali yang terbuat dari kepangan tembaga berbentuk silinder dengan bagian tengah yang kosong. Biasanya tali ini juga dibuat sebagai kalung untuk wisatawan.

5. Sisir Haikara

Sisir cantik asal Sumba ini merupakan sisir tancap yang mempunyai hiasan di atasnya. Sisir haikara dulunya dibuat dari cangkang penyu, namun sekarang tidak lagi karena menjaga keberlangsungan hidup penyu.

6. Kacang Mete

Sumba juga dikenal lewat kacang mete yang gurih dan lezat. Kacang mete khas Sumba memang memiliki rasa yang berbeda dibandingkan kacang mete biasa sehingga banyak wisatawan yang selalu mencari oleh-oleh yang satu ini sebelum pulang kembali ke daerah asalnya.

7. Pie Kacang Hijau

Tidak hanya kacang mete saja yang dikenal sebagai buah tangan dari Sumba, kue pie dengan isian kacang hijau juga menjadi oleh-oleh yang menarik dan wajib dibawa pulang oleh para pelancong. Kue pie kacang hijau khas Sumba ini juga cukup tahan lama sehingga cocok menjadi oleh-oleh.

8. Ukiran Tulang Kerbau

Selain memiliki perhiasan yang terbuat dari kuningan atau tembaga, Sumba juga mempunyai kalung dan gelang yang terbuat dari tulang kerbau. Ukiran tulang kerbau memang menjadi salah satu oleh-oleh yang selalu dicari wisatawan.

9. Kopi Sumba

Selain kacang mete dan kue pie, Sumba juga terkenal dengan kopi lokalnya yang sangat enak. Bahkan kopi Sumba disebut sebagai kopi paling enak pada Festival Kopi Nusantara. Rasa kopi Sumba memang berbeda dari kopi biasa sehingga banyak yang menyukainya.

10. Tas

Tas yang memiliki motif etnik khas Sumba ini juga menjadi oleh-oleh yang selalu dicari oleh wisatawan. 

Itulah 10 oleh-oleh khas Sumba yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.