Inilah 10 Menu Berbuka Puasa Ala Kampung yang Super Enak!

8

Buka puasa adalah momen yang paling ditunggu setiap umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Berbuka dengan menu favorit tentu membuat siapa saja semakin bersemangat untuk berbuka, apalagi jika hidangannya ala kampung. Berikut ini adalah 10 menu buka puasa ala kampung yang menggugah selera:

1. Kolak Pisang

Menu yang satu ini adalah menu andalan untuk berbuka puasa. Kolak pisang adalah olahan pisang yang dimasak dalam santan dan gula merah. Rasa manis dan gurihnya pisang dalam paduan santan manis membuat masakan ini selalu mengingatkan masa kecil kita dulu. Menikmati kolak pisang bersama keluarga merupakan momen indah di bulan Ramadhan.

2. Sup Ayam Kampung

Sup ayam kampung adalah sajian penuh gizi yang membuat siapa saja ketagihan. Sup ayam kampung akan terasa sangat segar dan nikmat disantap saat berbuka dalam keadaan masih hangat. Sajian ala kampung ini memang selalu jadi andalan di setiap meja makan.

3. Kicak

Kicak adalah panganan yang dibuat dari singkong yang direbus lalu dicampur dengan tepung dan parutan kelapa serta gula merah. Kicak merupakan jajanan tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Kicak memiliki rasa manis dan gurih.

4. Tahu Gejrot

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Tahu gejrot dikenal di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tahu gejrot adalah tahu goreng yang disajikan dengan siraman kuah pedas nan nikmat.

5. Lotek

Lotek adalah makanan yang bisa dibilang merupakan hasil perkawinan silang antara pecal dan gado-gado. Lotek banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jogja. Isinya yang lengkap dengan bumbu kacang yang menggugah selera cukup mengenyangkan perut untuk ukuran menu berbuka puasa.

6. Lupis

Si segitiga yang manis ini bukan hanya cocok dijadikan sebagai menu sarapan, tapi juga menu berbuka puasa yang istimewa. Lupis yang merupakan makanan tradisional yang tersebar di seluruh Indonesia selalu hadir sebagai menu buka puasa yang pas di perut.

7. Bubur Sumsum

Bukan hanya lupis saja yang sangat kampung di meja makan saat berbuka puasa, menu bubur sumsum juga sangat kampung dan menggugah selera pastinya. Siraman kuah gula merah di atas bubur putih membuat rasa manis, asin, gurih jadi satu di mulut.

8. Bubur Pedas

Bubur tradisional asal Melayu ini menjadi hidangan favorit setiap orang di bulan Ramadhan. Bubur yang memiliki rasa pedas dengan isi lauk yang beraneka macam di dalamnya sangat pas jadi sajian di buka puasa.

9. Anyang

Makanan yang berasal dari Aceh ini juga selalu hadir di saat bulan Ramadhan tiba. Anyang adalah sajian aneka macam sayur mentah yang dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui.

10. Sate

Mungkin tidak ada orang yang tidak suka dengan sate. Sate menjadi salah satu menu buka puasa yang sangat kampung ala Indonesia. Sate tak hanya nikmat, tapi juga cukup baik untuk mengganjal perut saat shalat Magrib.

Itulah 10 menu berbuka puasa ala kampung yang wajib kamu coba. Tak hanya sekedar kampung, tapi juga rasanya yang begitu ekslusif membuat suasana buka puasa bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.