Inilah 10 Makanan Khas NTT Kupang yang Wajib Kamu Coba!

71

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang patut dikunjungi adalah Kupang. Keindahan alamnya yang eksotis membuat siapa saja yang datang akan merasa betah berleha-leha disini.

Selain menawarkan keindahan alam yang tidak ada duanya, Kupang juga memiliki makanan khas yang wajib dicoba. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Kupang yang wajib kamu cicipi:

1. Catemak Jagung

Makanan khas NTT Kupang yang satu ini dijamin enak dan sehat. Catemak jagung adalah rebusan dari kacang tanah, kacang hijau, dan labu yang dimasak dengan rempah-rempah. Catemak jagung biasanya disajikan sebagai hidangan penutup.

2. Jagung Bose

Jagung adalah salah satu makanan pokok utama dari masyarakat Kupang. Jagung Bose adalah jantung dan kacang yang dimasak bersamaan dengan santan sehingga menghasilkan rasa yang manis dan gurih.

3. Rumput Rampe

Rumput rampe adalah tumisan daun pepaya dan bunga pepaya. Tumisan rumput rampe ini sering menjadi sajian keluarga di meja makan. Kombinasi bumbu dan pahitnya daun pepaya membuat masakan ini sangat istimewa.

4.  Ikan Kuah Belimbing

Makanan khas Kupang lainnya yang tak kalah sedap adalah ikan kuah belimbing. Tepat seperti namanya, makanan ini merupakan ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu halus dan potongan belimbing.

Campuran yang unik ini menciptakan rasa yang asam dan gurih bersamaan. Segarnya masakan khas Kupang yang satu ini membuat ikan kuah belimbing jadi makanan yang wajib kamu coba.

5. Sambal Teri

Tahukah kamu bahwa sebenarnya sambal teri yang kita kenal selama ini merupakan makanan khas asli Kupang NTT? Sambal teri yang kini telah ada di seluruh Indonesia ternyata makanan asli Kupang yang sangat nikmat.

Meskipun sederhana, sambal teri akan terasa sangat nikmat jika dinikmati dengan nasi hangat. Rasanya yang asin dan gurih membuat siapa saja ketagihan.

6. Pelepah Manuk

Pelepah manuk pada awalnya dibuat dari daging burung, namun kini pelepah manuk lebih banyak dibuat dengan menggunakan ayam. Pelepah manuk dibuat dengan membakar ayam terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam panci yang berisi bumbu rempah dan santan.

Ayam dimasak hingga santan terserap dengan sempurna. Pelepah manuk menjadi makanan kesukaan masyarakat Kupang karena rasanya yang nikmat.

7. Karmanaci

Karmanaci adalah daging yang dipotong kecil-kecil lalu ditumis. Namun sebelum ditumis, daging direbus terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu rempah. Karmanaci terasa lunak dan nikmat berkat dua proses yang dilewatinya.

8. Lawar Ikan

Jika Jepang mempunyai sushi, maka Kupang mempunyai lawar ikan. Lawar ikan adalah makanan yang dibuat dari irisan daging ikan mentah yang dicampur dengan sayur-sayuran.

Sebelumnya, irisan ikan mentah direndam dengan larutan cuka dan jeruk nipis terlebih dahulu agar bakteri yang terdapat di dalamnya mati dan daging jadi matang.

9. Se’i Daging Asap

Makanan khas Kupang selanjutnya adalah se’i. Se’i daging asap adalah potongan daging sapi atau babi hutan yang diiris dengan ketebalan sekitar 2-3 cm.

Daging yang telah diiris dibakar dengan menggunakan arang. Pengasapan ini akan membuat daging jadi lebih awet sehingga bisa digunakan sebagai persediaan makanan.

10. Kolo

Koko adalah nasi bakar yang dimasak dengan menggunakan buluh bambu. Layaknya lemang, kolo yang telah dibumbui dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar di atas bara api.

Itulah 10 makanan khas Kupang NTT yang wajib kamu cicipi saat berkunjung kesana. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita tentang kuliner Nusantara.