Inilah 10 Makanan Khas Aceh Singkil yang Selalu Dicari Wisatawan!

721

Salah satu daerah di Provinsi Nagroe Aceh Darusalam yang memiliki kuliner lezat yang wajib dicoba adalah Aceh Singkil. Aceh Singkil memiliki banyak sekali koleksi kuliner yang membuat setiap orang yang mencicipinya menjadi ketagihan. Berikut ini adalah 10 makanan khas Aceh Singkil yang wajib dicoba saat berkunjung kesana:

1. Lompong sagu

Lompong sagu adalah kue yang dibuat dari sagu, pisang, gula merah, garam yang kemudian dibungkus dengan daun pisang seperti lemet atau lemper, kemudian dipanggang. Lompong sagu memiliki rasa manis yang sangat khas sehingga cocok dijadikan camilan di sore hari.

2. Godekh sagu

Masih berupa makanan yang dibuat dari bahan sagu, Aceh Singkil juga punya godekh sagu yang dibuat dari sagu yang dikeringkan dan dipelintir kecil-kecil lalu dimasak dengan gula, santan, dan garam. Rasa dari godekh sagu ini manis dan gurih.

3. Kue sangko

Kue sangko adalah oleh-oleh khas Aceh Singkil yang dulu biasa ditemukan sebagai cemilan sehari-hari, namun sekarang lebih sering dibuat pada saat ada acara hajatan saja.

4. Lokan panggang

Lokan adalah sejenis kerang yang banyak dijumpai di Aceh Singkil. Masyarakat Aceh Singkil menyajikan lokan dalam berbagai hidangan. Salah satunya adalah dengan cara dipanggang. Lokan dilepas salah satu bagian cangkangnya lalu dibumbui dan langsung dipanggang.

5. Sate lokan

Makanan khas Aceh Singkil lainnya yang juga terbuat dari lokan adalah sate lokan. Banyak wisatawan datang ke Aceh Singkil hanya untuk merasakan nikmatnya lokan khas Aceh Singkil yang terkenal itu. Sate lokan dibuat layaknya sate pada umumnya dengan menggunakan kuah sate berbumbu kari.

6. Gedah sagu

Gedah sagu adalah makanan khas Aceh Singkil yang dibuat dari sagu, kelapa, dan garam yang didadar di atas kuali. Meskipun dibuat dengan cara yang sederhana, namun rasanya tidak kalah nikmat dengan makanan lainnya.

7. Mayang papan

Kue khas Aceh Singkil lainnya adalah mayang papan. Mayang papan dibuat dengan menggunakan tepung beras, garam, gula, kapur sirih, dan durian yang digoreng dan menghasilkan kue yang manis dan nikmat. Saat ini telah banyak pula variasi dari kue mayang papan yang membuat penikmatnya tidak pernah bosan.

8. Kipang pulut

Aceh Singkil juga mempunyai kipang yang tak kalah nikmat dengan kipang dari daerah lain. Kipang pulut khas Aceh Singkil menjadi oleh-oleh yang selalu diincar oleh para wisatawan yang singgah ke daerah pesisir ini.

9. Gulai lokan

Masyarakat Aceh Singkil memang mempunyai limpahan hasil laut berupa lokan yang melimpah ruah. Salah satu sajian dari lokan yang selalu ditunggu adalah gulai lokan. Gulai lokan adalah kerang yang digulai dan sering disajikan bersama dengan roti.

10. Lepat sagu

Aceh Singkil juga mempunyai lepat yang dibuat dari sagu. Sama seperti lepat lainnya, lepat sagu juga dibuat dengan campuran sagu dan gula merah. Teksturnya yang lembut dan rasa yang manis cocok jadi teman minum kopi.

Itulah 10 makanan khas Aceh Singkil yang banyak diincar oleh wisatawan. Kekayaan kuliner Nusantara memang tidak pernah ada habisnya dan kitalah yang wajib menjaga warisan leluhur ini agar tetap eksis.