Inilah 10 Cara Membersihkan Aki Mobil dengan Mudah

24

Aki adalah salah satu komponen penting dari mobil. Namun kebanyakan orang jarang membersihkan aki mobil, karena mereka berfikir bahwa aki akan senantiasa berfungsi entah dalam keadaan bersih maupun dalam keadaan kotor. Padahal, aki mobil juga perlu dibersihkan, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan aki mobil Anda:

  1. Siapkan peralatan yang diperlukan untuk membersihkan aki. Peralatan yang harus ada ialah; lap pembersih, lap pengering, sikat, kertas amplas serta kunci inggris (sesuaikan dengan ukuran baut pada katup aki). Selain itu Anda juga perlu menyiapkan cairan pembersih dan air panas. Bila semuanya sudah disiapkan, maka Anda dapat melakukan langkah selanjutnya.
  2. Pastikan mesin mobil Anda dalam keadaan mati. Langkah ini merupakan langkah yang paling penting, karena berhubungan dengan keselamatan Anda saat akan membersihkan aki.
  3. Buka kap mesin, dan pastikan posisi yang aman untuk membersihkan aki. Hal ini perlu dilakukan untuk mengkondisikan aki agar mudah dibersihkan dan Anda terhindar dari resiko tertimpa tutup kap mesin.
  4. Buka katup positif dan negatif pada bagian terminal aki. Ingat, Anda harus melepaskan katup negatif terlebih dahulu agar tidak konslet. Anda dapat melakukan langkah ini dengan menggunakan kunci pas. Kedua katup tersebut perlu dibuka karena pada bagian inilah biasanya kotoran utama aki menetap. Kotoran yang muncul biasanya berupa kerak yang melekat sangat kuat pada bagian aki. Kerak tersebut biasanya sulit untuk dibersihkan, apalagi yang sudah lengket dalam waktu yang cukup lama.
  5. Siram bagian-bagian kerak yang membandel menggunakan air panas.
  6. Sikat bagian-bagian aki yang telah disirami air panas. Karena kerak yang lengket pada aki cukup kuat, maka Anda perlu menyikatnya berulang-ulang. Hal ini perlu dilakukan agar kotoran yang lengket dapat tersapu bersih. Untuk kerak yang sudah terlalu tebal atau sulit untuk disikat, Anda dapat menggosoknya dengan kertas amplas.
  7. Siram kembali bagian-bagian yang telah disikat menggunakan air panas. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga kering.
  8. Siram bagian-bagian aki tersebut dengan air dingin. Langkah ini dapat dilakukan dengan membasahi aki dengan lap basah ataupun menyiraminya langsung. Kemudian keringkan aki menggunakan lap kering.
  9. Olesi seluruh komponen logam yang terdapat pada pos, terminal dan jepitan aki dengan pelumas.
  10. Pasang kembali semua bagian yang sebelumnya dilepas. Setelah langkah ini dilakukan, tutup kap mesin dan coba nyalakan mobil Anda. Pada tahap ini, aki mobil Anda sudah dalam keadaan maksimal untuk digunakan kembali.

Demikianlah langkah-langkah untuk membersihkan aki mobil Anda. Bila selama ini Anda belum pernah membersihkan aki mobil, cobalah melakukannya mengikuti langkah-langkah diatas. Selamat membersihkan aki mobil kesayangan Anda.