Ini yang Harus Dihadapi Saat Menginjak Usia 22 Tahun, Sudah Siap?

60
usia 22 tahun

Memasuki usia 20 tahun, mau tidak mau kamu harus menerima keadaan. Kamu tengah menginjak babak baru dalam kehidupanmu. Usia yang tak lagi muda, dan pastinya kamu dituntut dewasa dengan seiring bertambahnya usiamu. Namun kamu tidak perlu risau dan ketakutan tentang apa saja yang akan terjadi selanjutnya. Jangan terlalu mengkhawatirkan banyak hal karena semua akan berjalan apa adanya dan seperti biasanya. Agar kamu tidak kaget berikut apa saja yang harus kamu hadapi saat menginjak usia 22 tahun:

  • Harus terbiasa mandiri dan tahan banting

Saat kamu menginjak dewasa, sudah sepantasnya tumbuh menjadi pribadi yang dewasa pula. Baik perilaku, pola pikir dan kebiasaannya. Kadang, karena itulah kamu merasa tertuntut menangani semua masalahmu seorang diri tanpa membeberkan keluhanmu. Memang sangat melelahkan memang, di satu sisi ingin mencari tempat bersandar kala penat. Namun, jika kamu mengeluh saja kepada kedua orang tuamu, pasti akan memberikan beban kepada mereka.

  • Menghadapi banyak tuntutan hidup

Menginjak dewasa, kamu dihadapkan dengan kondisi kehidupan yang sesungguhnya. Masa depanmu, pola hidupmu semua yang menentukan adalah dirimu sendiri. Semua ada di tanganmu. Sebab itulah, untuk menjalani hidup yang lebih baik. Kamu dihadapkan dengan banyak tuntutan hidup. Mulai dari memenuhi kebutuhan hidup, membahagiakan orang disekitar kita, sampai tuntutan pekerjaan yang kadang membosankan dan melelahkan. Namun tidak selamanya kamu memandangnya dengan dosis negatif. Justru jadikan itu semua sebagai pelecut semangatmu dalam menjalani hidup. Agar menjadi pribadi yang berguna.

  • Harus menyemangati diri sendiri karena teman sekolah dan kuliah sudah berjuang masing-masing

Tidak asing memang, banyak orang mengatakan saat usia dewasa seseorang akan kehilangan satu persatu temannya karena harus menjalani kehidupan masing-masing. Ada yang berpisah karena harus kerja di luar pulau, kuliah di luar kota atau satu persatu menikah dan sibuk dengan urusan rumah tangga masing-masing. Itu memang fakta.

Bukan berarti karena kehilangan banyak teman, kamu harus mengurung diri dan merasa kesepian. Seakan-akan kamu tidak memiliki siapa-siapa lagi. Kamu tidak sendiri, teman-temanmu bisa melewati fase ini. Bukan tidak mungkin kamu harus bisa dong. Dan yang terpenting, karena intensitas pertemuanmu dengan sahabat-sahabatmu berkurang, kamu tetap menjalin persahabatanmu dengan teman-temanmu dengan baik.

  • Lelah menjalani rutinitas

Saat kamu menginjak dewasa, kamu dihadapkan berbagai tuntutan hidup. Yang mengharuskanmu memenuhinya dengan bekerja. Meskipun kadang, rutinitas yang kamu lalui cukup membosankan dan melelahkan karena jalannya monoton. Jika saat kecil kamu bisa merengek kepada papa mamamu karena kelelahan, sekarang sudah bukan waktunya lagi.

Kadang muncul pikiran untuk sejenak beristirahat dari berbagai rutinitas, namun itu tidak mungkin terjadi. Karena kamu terikat aturan kerja. Jika kamu sedikit saja melanggar, akan banyak konsekuensi yang harus kamu terima.

Itulah beberapa hal yang harus dihadapi ketika menginjak dewasa. Semoga kamu kuat dan terus semangat ya.

.