Ini Sebenarnya Perbedaan Vlogger dan Youtuber, Jangan Salah Sebut!

450

Pada era modern ini, semakin mudah dan semakin cepat seseorang menjadi sukses dan terkenal. Berbeda dengan zaman dahulu artis artis yang kini menjadi artis papan atas tersebut harus memulai dari bawah, bahkan tidak jarang dari seorang pengamen jalanan lalu berlanjut menjadi seorang casting untuk menjadi artis terkenal.

Profesi seorang artis dan aktor sangat banyak sekali yang mendambakan dan menginginkannya. Namun, terkadang orang hanya mau instan tanpa berjuang. Banyak saling sikut di dunia keartisan/entertaiment. Masa sekarang, untuk menjadi orang terkenal yang dikenal banyak orang di Indonesia tidak harus menjadi seorang artis, aktor, atau politikus.

Sangat mudah, hanya dengan membuka internet yang sekarang banyak konten di dalamnya yang banyak orang cari. Kita bisa menjadi seseorang pelopor dari konten internet di dalamnya tersebut. Maka dari itu, akan semakin banyak konten di dalam internet. Mungkin jika anda menjadi seorang penulis berita atau artikel tidak akan lebih banyak orang yang mengenal karena hanya berada di balik layar. Jika ingin terkenal menjadi penulis novel yang menerbitkan sebuah buku.

Nah, ini sekali lagi. Ada beberapa platform di Sosial media dan dunia maya yang dapat membawa anda menuju kesuksesan seperti Youtube dan juga Blogger. Anda bisa berkreasi di sana untuk mengupload dan mengunggah setiap konten yang anda miliki dan anda pikirkan yang tentunya bermanfaat untuk dunia dan Indonesia.

Banyak orang menyangka bahwa seorang Youtuber itu sama dengan seorang Vlogger, karena banyak orang yang mengunggah video di Youtube dengan tulisan nge-Vlog. Jadi setiap orang yang menonton juga bingung. Nih Youtuber atau Vlogger sih? Katanya Youtuber tapi kok bilang Vlogger? Apa sih bedanya Youtuber dan Vlogger?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan di antara Youtuber maupun Vlogger, namun keduanya sama – sama membuat konten untuk diupload dan menjadi konsumsi publik. Tidak hanya orang-orang papan atas seperti artis yang bisa membuat video tersebut, namun anak kecil sekalipun sudah banyak yang memang menggunakan Youtube dan Vlog untuk terkenal.

Perbedaan Youtube dan Vlog sendiri sebenarnya tidak banyak, hanya saja platform yang di gunakan berbeda. Youtubers itu adalah orang orang yang melakukan dan membuat konten untuk di upload ke Youtube, video yang mereka buat mereka ciptakan semua diupload di Youtube. Nah untuk vlogger sendiri adalah orang-orang yang membuat konten untuk Youtube dan website mereka sendiri.

Maka dari itu, keduanya memiliki job desk yang sama, hanya saja platform yang digunakan berbeda. Banyak sekali Youtubers bilang bahwa mereka adalah Vlogger juga sebelumnya, ketika di tanya punya website atau tidak, jawabannya tidak punya. Kan jadinya bingung nih, vlogger dari mana.

Vlog sebenarnya kepanjangan dari Video Blog atau Video Log. Dulu mungkin kita lebih mengenal Blog saja, yang merupakan media bagi yang hobi nulis untuk menuliskan karya-karyanya. Nah, semakin berkembangnya zaman dan teknologi semakin canggih, muncullah Vlog yang merambah ke konten video. Saat ini, mungkin banyak orang yang lebih suka melihat dan mendengarkan, dibandingkan membaca. Maka dari itu para Blogger mulai menjadi Vlogger, walaupun ada juga yang tidak meninggalkan kegiatan Bloggernya.

Nah, mungkin ada beberapa orang yang menyampaikan kepada masyarakat bahwa dia sedang nge-vlog. Dengan tulisan Vlog #1 atau apapun lah. Dengan konten mengikuti kegiatan sehari hari mereka. Padahal itu namanya bukan nge-vlog. Seharusnya di judul konten bisa di sebutkan “Yuk Jalan bareng ….” atau  “Sehari dengan …..” atau “Daily Routine with….” atau apapun yang memang menunjukan kehidupan pribadi anda. Tentunya ini akan lebih jelas pengertian untuk masyarakat di bandingkan dengan nge-vlog.

Untuk anda yang telah membaca artikel ini, jangan salah salah lagi menyebut Youtuber dan Vlogger ya!