Ini Pentingnya Thaharah Sebelum Ibadah dan Macamnya

11

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentunya terlepas dari bersuci. Bersuci atau dalam bahasa arab disebut thaharah merupakan membersihkan diri dan keadaan sekitar dari najis dan kotoran sebelum melaksanakan ibadah.

Thaharah memiliki peranan penting di dalam kehidupan sehari-hari, karena tanpa thaharah ibadah yang kita lakukan bisa tidak sah. Hal ini dikarenakan, adanya kotoran baik berupa najis ataupun hadas yang menempel pada diri kita maupun di sekitar tempat, pakaian kita menjadikan hal tersebut tidak suci dan menghalangi kita untuk melaksanakan ibadah kepada Allah. Untuk itu, sebelum menjalankan ibadah, kita diperintahkan Allah untuk bersuci terlebih dahulu.

Dalam Islam perintah bersuci sudah dijelaskan dalam hadis nabi, yang bunyinya sebagai berikut:

الطهور شطر الايمان

Artinya: Kebersihan itu sebagian dari iman. Karena kebersihan sangat penting, maka sampai hadis nabi menyebutkan, bahwasanya menjaga kebersihan merupakan sebagian dari iman tiap-tiap muslim.

Dalam berthaharah pun ada banyak macamnya, diantaranya dengan mandi, berwudhu, dan bertayamum.

  • Mandi

Mandi merupakan menghilangkan najis dan kotoran yang menempel pada tubuh. Mandi wajib merupakan salah satu cara untuk bersuci dari hadas besar untuk menjalankan ibadah sebagaimana biasanya. Mandi wajib berbeda dengan mandi yang biasanya kita lakukan. Kalau pada mandi biasanya, kita hanya niat untuk membersihkan diri. Kalau mandi wajib, ada beberapa rukun yang harus diperhatikan dan dipenuhi yaitu niat dan mengalirkan air ke seluruh tubuh, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Mandi wajib harus dilakukan apabila seseorang haid, nifas, berhubungan suami istri (bagi yang sudah menikah), keluar air mani ketika mimpi basah.

  • Wudhu
wudhu

Wudhu merupakan kegiatan membasuh anggota tertentu dari hadas kecil dan kotoran dengan air yang suci mensucikan sebagai syarat untuk beribadah. Rukun wudhu sendiri antara lain niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan sampai sikut, mengusap sebagian kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, tertib.

  • Tayamum

Tayamum merupakan bersuci menggunakan debu atau tanah yang suci ketika tidak ada air, sakit yang parah, dan di perjalanan. Tayamum merupakan salah satu cara untuk menggantikan thaharah dengan cara berwudhu dan mandi. Adapun rukun tayamum ialah niat, membasuh muka dengan debu atau tanah yang suci, membasuh tangan sampai sikut, tertib.

Nah itu dia beberapa hal yang harus dilakukan ketika kita akan bersuci, segala hal jangan sampai kita sepelekan ya. Semoga bermanfaat.