Ini Maskot Hewan Asli Pertama dan Terakhir untuk Asian Games

40

Bagi kalian pecinta olahraga tentunya tidak akan melewatkan untuk menonton Asian Games 2018 dan info-info seputarnya, bukan? Kalau begitu hal satu ini juga wajib kalian ketahui. Mari kita kembali kepada beberapa tahun belakang, tepatnya pada tahun 1982 ketika Asian Games ke sembilan dilakukan di Delhi, India.

Sebagai tuan rumah tentunya akan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan penuh persiapan, maskot tentunya juga menjadi hal yang harus dipersiapkan oleh tuan rumah. Maskot Asian Games pada tahun itu cukup unik karena menggunakan hewan asli, yaitu seekor gajah yang diberi nama Appu.

Appu yang dipilih untuk menjadi maskot akhirnya dilatih oleh Sirkus Apollo jelang Asian Games. Appu mendapatkan perawatan, pelatihan yang baik, hewan ini bahkan diajarkan gerakan salam Namaste. Namun menjelang Asian Games yang mendekat terjadi perdebatan antara komite penyelenggara dengan sirkus Apollo sehingga akhirnya Appu tidak jadi tampil langsung sebagai maskot. Maskot pada Asian Games itu pun hanya berupa balon berbentuk gajah yang diterbangkan ke udara.

Namun hal yang sangat disayangkan adalah Appu tidak dirawat kembali dengan baik, Appu bahkan menderita demam dan patah kaki setelah jatuh ke lubang septic tank setelah menjadi bintang dalam sebuah festival keagamaan. Pemerintah pun menuntut sirkus Apollo untuk mengembalikan Appu kepada negara yang akhirnya Appu dirawat oleh suaka margasatwa Guruvayum Devaswam Aanathavalam. Appu dirawat hingga ia mati pada 14 Mei 2005 di usia 23 tahun.

Itu dia sahabat Dori, kisah tentang Appu maskot hewan sungguhan yang pertama dan juga terakhir pada Asian Games.