Ini Masalah Kulit yang Sering Muncul Saat Musim Hujan

17
masalah kulit

Musim hujan sudah di depan mata. Bahkan wanginya sudah tercium dimana-mana. Selain harus sedia vitamin, payung dan jas hujan agar kesehatan tubuh tetap terjaga agar tidak mengganggu aktivitas harian. Juga perlu sekali sahabat dori, berbagai masalah kulit yang kerap dialami jika musim hujan tiba. Maklum saja, beda musim suhu, intensitas cahaya dan lain sebagainya akan berbeda. Oleh sebab itu perlu sahabat dori ketahui berbagai masalah kulit yang kerap muncul saat musim hujan, agar kita bisa meminimalisirnya. Yuk simak!

  • Jamur pada kaki

Jamur pada kaki atau nama lainnya Athlete’s Foot di sebabkan karena masalah kebersihan kaki yang kurang dijaga dan kelembapan suhu udara pada kaki saat mengenakan kaus kaki. Selain itu disebabkan oleh bakteri. Adapun ciri-ciri jika kaki mengalami penyakit ini adalah kulit kaki mengelupas, telapak dan setiap ujung kaki kering dan kasar serta terasa gatal dan perih di permukaan yang terinfeksi. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan obat-obatan anti jamur baik oles ataupun salep, rajin menjaga kebersihan kaki, kaus kaki dan alas kaki yang digunakan serta menjaga kelembapan kaki.

  • Hiperpigmentasi

Merupakan kondisi munculnya bercak gelap pada kulit. Biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Sebenarnya penyakit yang satu ini tidak bergitu berbahaya. Hanya dapat mengganggu penampilan dan membuat diri sendiri kurang pede. Penyakit ini memiliki berbagai jenis seperti hiperpigmentasi melasma, lentigo dan masih banyak lainnya. Cara mengobatinya dengan bermacam-macam motode seperti laser, menggunakan krim pelembab dan lain sebagainya.

  • Eksem

Penyakit yang satu ini bisa terjadi karena faktor genetik, paparan bahan iritatif dan perubahan kelembapan serta suhu. Kadang pada kasus yang berat penyakit ini dapat menyimbulkan rasa nyeri dan bengkak pada area kulit tertentu. Cara menghindarinya, jika hal tersebut terjadi hindarilah cara menggaruk dengan cara yang kasar serta obatilah dengan obat pereda gatal, jika tidak segera hubungi dokter.

  • Jerawat

lagi-lagi jerawat masuk dalam masalah kulit yang kerap muncul saat musim hujan. Jerawat muncul bisa juga diakibatkan cuaca yang lembab pada musim hujan. Sehingga memicu produksi minyak kulit yang berlebihan. Inilah yang menyebabkan resiko jerawat muncul di wajah. Agar dapat menghindarinya salah satu caranya yaitu dengan rajin membersihkan wajah secara teratur dengan air yang mengalir.