Ini Isu Terhangat Debat Cawapres 2019 yang Banyak Dibicarakan Warganet

16

Debat cawapres 2019 yang berlangsung malam tadi, 17 Maret 2019 menyisakan banyak sekali pertanyaan, terutama bagi warganet yang terkenal nyinyir. Meskipun cawapres nomor urut 01, KH. Ma’ruf Amin, dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, memberikan penampilan terbaik mereka pada malam itu dengan sangat baik, namun masih menimbulkan banyak tanda tanya. Berikut ini adalah beberapa isu yang menjadi pembahasan warganet setelah debat cawapres tadi malam:

1. Infrastruktur langit

Cawapres nomor urut 01 menjelaskan mengenai infrastruktur langit yang akan diterapkan dalam membangun dan memajukan sumber daya tenaga kerja. Istilah infrastruktur langit yang ia gunakan justru menjadi pembahasan warganet. 

Beberapa warganet justru berimajinasi dengan istilah infrastruktur langit yang dilontarkan cawapres nomor urut 01 ini. Beberapa menyamakan infrastruktur langit dengan imajinasi kerajaan langit di film kartun seperti Doraemon.

Menurut KH. Ma’ruf Amin, infrastruktur langit yang dimaksud adalah Palapa Ring, yakni pembangunan jaringan optik untuk internet di seluruh Indonesia. Proyek ini sebenarnya sudah berjalan dan akan rampung dalam waktu dekat.

2. 10 years challenge

Istilah selanjutnya yang juga membingungkan warganet adalas 10 years challange. Istilah ini dikemukakan saat membahas soal dana riset. Warganet berbondong-bondong menanyakan maksud dari istilah 10 years challenge ini karena sepengetahuan publik, 10 years challenge adalah istilah yang digunakan dalam membandingkan fisik seseorang di masa kini dan 10 tahun yang lalu.

Berbagai komentar mulai dilontarkan dari pertanyaan apakah 10 years challenge dimaksud dengan kemajuan atau justru kemunduran dari pendidikan di Indonesia. Dalam penjelasannya, KH. Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa 10 years challenge adalah pembagian dana riset pada beberapa lembaga riset yang akan memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

3. Penghapusan UN

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno juga tidak lepas dari komentar nyinyir warganet. Rencana dalam dunia pendidikan yang akan digalakkannya bersama Prabowo nanti adalah menghapuskan Ujian Nasional. Penghapusan Ujian Nasional ini akan digantikan dengan penelusuran minat dan bakat.

Warganet menyambut baik program ini karena beberapa mata pelajaran justru tidak bisa dipelajari dengan baik karena bukan mata pelajaran kesukaan si anak. Namun beberapa juga mengomentari bahwa program penghapusan UN justru telah lama ada dan tidak pernah terealisasikan.

4. Ibu Lis

Berkali-kali Sandiaga Uno menyebutkan nama seorang wanita, Ibu Lis. Ibu Lis merupakan salah satu warga negara Indonesia yang mengalami kesulitan dalam berobat akibat tidak ditalanginya lagi beberapa biaya pengobatan oleh BPJS. Hal ini membuat Sandiaga Uno ingin berusaha semaksimal mungkin memperbaiki program BPJS yang sudah terlalu menyusahkan rakyat.

Namun beberapa warganet justru mengomentari dengan keinginan curhat langsung dengan Sandiaga Uno untuk bisa mendapatkan perhatian dna menjadi isu penting dalam salah satu programnya sebagai wakil presiden nantinya.

Itulah 4 isu terhangat yang semakin panas dalam dunia maya. Meskipun debat cawapres telah berakhir tadi malam, namun masih menyisakan banyak sekali hal yang tidak akan pernah habis untuk dibahas.