Ini Dia Usaha yang Bisa Ditekuni Oleh Mahasiswa

30

Kamu mahasiswa dan pengen coba berkarir tanpa menunggu lulus. Wah keren banget tuh. Kira-kira ada nggak sih pekerjaan untuk mahasiswa yang masih mondar-mandir kampus ? yuk coba simak beberapa pekerjaan yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai usaha sampingan kuliah.

  • Menjual pulsa

Buat kamu yang masih berstatus menjadi mahasiswa dan pengen belajar usaha, mungkin cara ini bisa jadi peluang untuk memulai usaha. Ya salah satunya dengan menjual pulsa. Gimana caranya ? kamu bisa bergabung ke agen pulsa kemudian kamu daftar menjadi distributornya.

Apa nggak ribet ? apa kamu udah pernah nyoba ? kalau gagal gimana ? belum nyoba kok udah pesimis. Caranya gimana ? ya kamu bisa berjualan dan melakukan promosi ke teman-teman kamu. Toh biasanya kalau kamu jadi mahasiswa temanmu kan nggak cuma sekelas, biasanya temenmu lebih banyak bukan ?

  • Kerja part time

Kerja parttime mungkin menjadi salah satu peluang bagi para mahasiswa yang ingin belajar mandiri, untuk belajar hidup prihatin dan belajar mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa menyusahkan orangtua. Terus sistem kerjanya gimana ? tinggal menyesuaikan dengan jam kuliahmu saja.

  • Menjadi fotografer panggilan

Ini juga merupakan peluang buat kamu yang ingin belajar berbisnis. Toh ini juga bayarannya lumayan lho. Selain kamu menjadi fotografer kamu bisa refreshing dengan pemandangan yang menjadi background potretanmu.

  • Membuka les privat

Buat kamu yang suka anak kecil dan ingin berlatih menjadi guru. Les privat ini bisa menjadi pilihan bagi kamu. Toh ini nggak ribet banget kok, kamu tinggal menyesuaikan jam kuliahmu dengan jadwal mengajar di tempat les privatmu lho.

  • Agen tiket

Agen tiket juga menjadi peluang untuk kamu yang mau mulai usaha. Dari penjualan tiket itu kamu mendapat keuntungan yang lumayan lho. Kamu bisa ambil untung berapa ribu dari harga tiket aslinya. Ya itung-itung untuk mengganti jasa mondar-mandir dan kuotamu lah.

  • Menjadi reseller

Nah buat kamu yang suka online, daripada kuotamu terbuang sia-sia bisalah dicoba usaha sampingan ini. Biasanya untuk jadi reseller kamu hanya memosting beberapa produk tanpa menyetok barang terlebih dahulu. Lumayan lho hasilnya bisa buat jajan dan nambah celengan kebutuhanmu.

  • Penulis lepas

Yang ini mungkin beberapa orang yang mau dan menekuni pekerjaan yang satu ini lho. Tapi tahukah kamu dengan kamu menjadi penulis lepas, kamu bisa menghasilkan banyak karya yang nantinya bermanfaat untuk banyak orang.

Tulisan yang bisa kamu tulis pun bisa kamu sesuaikan dengan penguasaanmu di bidang yang kamu kuasai apa. Semisal kamu pengamat fashion, bisa lah kamu menulis artikel tentang fashion. Toh, fashion saat ini semakin berkembang modenya di tiap harinya bukan ? Nah tulisan kamu ini nanti bisa dijadikan referensi bagi para fashionable.

Nah itu tadi beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba selama kamu menjadi mahasiswa. Kamu bisa menentukan pekerjaan yang bisa kamu ambil sesuai bidangmu tanpa mengganggu waktu kuliahmu. Semoga bermanfaat.