Ini Dia Tujuan Menikah Yang Wajib Kamu Tahu

32

Menikah adalah salah satu proses di mana mempertemukan dua orang yang berbeda (baik adat, pemikiran dan lainnya), yang kemudian disatukan dalam ikatan suci dan berjanji untuk saling setia.

Pernikahan bukanlah hal yang bisa dipermainkan. Perlunya kesiapan mental untuk mengarungi pahit manisnya menjalani hubungan yang satu ini, membuat sebagian orang terkadang merasa takut untuk memulai membuka lembaran yang satu ini.

Dalam Islam sendiri, pernikahan merupakan ikatan suci yang dilakukan antara pihak laki-laki dan perempuan dengan tujuan yang telah diajarkan oleh syariat Islam. Bahkan Nabi Muhammad saw bersabda “menikah adalah sunahku, barang siapa yang tidak mengikuti sunahku maka dia bukan golonganku”.

Wah ternyata sudah jelas sekali ya anjurannya. Nah untuk sekarang, yuk kita simak apa saja sih tujuan menikah yang bisa kita ketahui dan pahami :

  • Mempunyai garis keturunan

Dengan menikah seseorang memiliki keturunan yang akan menjadi penerus hidup antara kedua keluarga. Selain menjadi penerus, keturunan berikutnya akan menjaga ilmu, harta, dan nasabnya atau marganya.

  • Mempererat silaturahim

Tahukah kamu ternyata mempererat tali silaturahim ? Lho kok bisa ? Iya, karena menikah mempertemukan dua kepribadian dan keluarga besar yang berbeda. Nah, dengan melakukan pernikahan ternyata kita bisa memiliki banyak saudara dan bisa mempererat tali silaturahim.

  • Mendatangkan banyak pahala

Menikah bisa mendatangkan banyak pahala. Nggak percaya ? Iya, jadi ketika ada laki-laki dan perempuan yang telah sah menjadi pasangan suami istri. Keduanya sama-sama memiliki kewajiban yang mendatangkan pahala.

Suami yang bekerja mencari nafkah, tentunya ia memiliki tujuan nafkah yang didapat untuk istrinya dan anaknya. Begitupun istri, ketika ia sudah menikah ia memiliki kewajiban untuk mengurus rumah tangganya. Jika ia niatkan untuk ibadah, maka pahala yang didapat sangatlah berlipat ganda.

  • Menghindari diri dari zina

Mungkin kita sering mendengar potongan ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang dilarangnya mendekati zina bukan ? Nah, dengan menikah justru kita telah menyelamatkan diri kita dari perbuatan-perbuatan yang dilarang agama lho.

Pengertian zina sendiri bukan hanya berasal dari zina syahwat saja, melainkan ada zina mata, zina hati, zina telinga, zina tangan, zina mulut, dan beberapa hal lainnya.

  • Memudahkan segala urusan

Buat kamu yang belum menikah sering merasa kesulitan mendapatkan rejeki dan kesulitan menangani urusan-urusan yang lain ternyata dengan menikah, semua hal itu dipermudah. Nggak percaya ? Coba deh kamu baca beberapa kisah inspiratif tokoh terdahulu yang merasakan manfaat yang satu ini.

Menikah itu bukan ajang balapan atau perlombaan atau mengikuti trend ya. Menikah adalah kesiapan lahir batin yang harus ada dalam diri seseorang, karena menikah adalah ibadah yang disaksikan oleh banyak orang dan tentunya juga Allah.

Nah itu dia ternyata tujuan-tujuan menikah yang bisa kamu pahami. Mungkin masih banyak lagi tujuan yang lain yang bisa kalian tambahkan ya.

Semoga bermanfaat.