Ini Dia Tata Cara Melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Arafah Dzulhijjah

7

Tinggal menghitung hari lagi umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha. Idul adha di tahun ini akan jatuh di tanggal 11 Agustus 2019 mendatang. Idul Adha merupakan hari raya yang dirayakan umat Islam yang jatuh di bulan Dzulhijjah. Pada saat bulan Dzulhijjah ini, ada ibadah yang dijalankan bagi umat Islam yang mampu, yaitu menjadi tamu Allah di baitullah atau biasa kita sebut dengan pelaksanaan haji.

Berbeda dengan pelaksanaan hari raya Idul Fitri yang mewajibkan umat Islam untuk berpuasa di bulan ramadhan selama sebulan penuh. Pada saat perayaan hari raya Idul Adha ini, umat muslim disunnahkan untuk berpuasa terlebih dahulu di tanggal 8 Dzulhijjah dan 9 Dzulhijjah atau biasa kita sebut dengan puasa tarwiyah dan Arafah. Rasulullah saw bersabda : “Puasa di hari Arafah akan menghapuskan dosa dua tahun, yaitu dosa yang dibuat tahun lalu dan dosa yang ada di tahun berikutnya” (HR. Imam Muslim)

Lalu bagaimana sih hukum melaksanakan puasa tarwiyah dan Arafah?
Melaksanakan puasa tarwiyah sendiri sebenarnya tidak ada, hanya ada dalil yang menjelaskan bahwasanya, ada 4 hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh rasulullah, yaitu puasa hari asy-syura, puasa tanggal 1 sampai dengan 8 di bulan Dzulhijjah, puasa di tiga hari di tiap bulan, dan shalat dua rakaat yang dilakukan sebelum shalat subuh (HR. Abu Daud, Ahmad, An-Nasai).

Jadi dapat disimpulkan puasa tarwiyah boleh dilakukan. Sedangkan untuk puasa arafah hukumnya sunnah. Puasa arafah dilarang dilakukan untuk mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji, karena pada saat itu mereka yang melaksanakan haji sedang wukuf.

Untuk niat puasa tarwiyah adalah sebagai berikut :

نويت صوم تروية سنة لله تعالى

Artinya: saya niat puasa sunah tarwiyah karena Allah ta’ala

Untuk puasa arafah niatnya sebagai berikut :

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Artinya : saya niat puasa sunah arafah karena Allah ta’ala.

Nah buat kamu yang ingin mengqadha (mengganti) puasa di bulan ramadhan, kamu bisa melakukan besok tanggal 09 dan tanggal 10 Agustus 2019. Kemudian untuk tanggal 11, 12, 13, 14 Agustus (10, 11, 12, 13 Dzulhijjah) itu masuk hari tasyrik ya. Artinya kamu tidak diperbolehkan berpuasa.

Demikian sedikit ulasan tentang puasa tarwiyah dan arafah di bulan Dzulhijjah. semoga bermanfaat dan menjadi ladang pahala untuk kita yang mengerjakan.