Ini Dia Merek Mobil Premium yang Tidak Lagi Menjual Transmisi Manual di Indonesia

22

Mazda merupakan merek mobil yang banyak diincar oleh kalangan pecinta mobil dan tampilan eksterior dan interiornya yang oke. Pada era baru bisnis kali ini, Mazda yang saat ini telah di tangani oleh Eurokars Motor Indonesia (EMI) tidak lagi mengeluarkan mobil manual. Jadi, Mazda akan memberhentikan penjualan mobil dengan transmisi manual. Karena di Indonesia banyak masyarakat lebih memilih transmisi otomatis, tidak heran jika transmisi manual di pasarkan lagi.

EMI yang merupakan agen tunggal dan juga sekaligus distributor Mazda pada Feburari 2017. EMI menggantikan Mazda Motor Indonesia (MMI). Pada saat Mazda di tangani oleh MMI, keluarannya yang masih beredar adalah versi manual yaitu hatchback Mazda2, dan pikap BT-50, dan MPV VX-1.

Pada masa penanganan MMI, Mazda yang beralih ke mesin skyactiv dan masih manual harus dihentikan. Ini dikarenakan respon masyarakat yang sangat minim, yang bisa diartikan sangat sedikit sekali respon terhadap mobil manual ini. Setelah di ganti oleh EMI, akhirnya, mobil yang masih transmisi manual sudah tidak perjualkan kembali termasuk produk VX-1 ke Suzuki Indomobil.

Terakhir jenis mobil yang baru terjual di bulan april dimana stok terakhir dari MMI adalah satu unit pikap kabin ganda BT-50 M/T. Ini merupakan unit terakhir yang diberhentikan penjualannya. Informasi ini menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor.

Menurut direktur penjualan EMI Ricky Thio, konsumen di Indonesia lebih memilih transmisi otomatis dibandingkan dengan manual. Alasan lainnya juga, Jepang tidak memberikan mobil manual ke Indonesia walaupun mereka masih menyimpan mobil manual, tetapi tidak di Indonesia.

Menurut Ricky Tidak semuanya konsumen memilih yang otomatis, ada juga konsumen masih mencari kendaraan yang transmisi manual. Contohnya saja penjualan MX-5 manual yang merupakan generasi terbaru yang ada di Indonesia, tetapi hal itu tidak jadi diperjualkan.

“Yang kepikiran memang cuma di MX-5, cuma memang kami kebetulan dapatnya cuma yang otomatis,” kata Ricky.

Selain Mazda, ada beberapa deret merk premium ternama di Indonesia yang tidak lagi mengeluarkan mobil transmisi manual, yaitu yakni BMW, Volkswagen, Lexus, Peugeot, Audi, Mini, dan mobil penumpang yaitu Mercedes-Benz.