Ini Dia Fitur Whatsapp yang Jarang Diketahui Kegunaannya!

9

Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk saling ber-chatting ria. Sebagaimana diketahuo, Whatsapp menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia, bahkan melebihi Facebook Lite yang juga masih satu perusahaan dengan Whatsapp.

Whatsapp yang bebas dari iklan membuat aplikasi ini semakin membuat siapa saja nyaman untuk berkomunikasi. Namun ternyata, meskipun Whatsapp memiliki pengguna yang sangat banyak, masih banyak pula pengguna yang tidak mengetahui kegunaan dari fitur yang ada di dalam Whatsapp. Berikut ini adalah beberapa fitur dalam Whatsapp yang jarang diketahui orang banyak:

1. Pin

Fitur yang satu ini sering tidak diketahui dan dianggap tidak penting, padahal fitur ini membantu kita untuk menemukan pesan yang sangat penting. Dengan menggunakan fitur pin, maka kita dapat meletakkan chat yang penting pada bagian paling atas. Cara mengaktifkannya hanya dengan menekan lama chat yang akan diletakkan paling atas, lalu akan muncul ikon pin pada bagian atas. Tekan ikon pin dan chat tersebut akan berada di paling atas.

2. Kirim pesan tanpa buka aplikasi

Fitur lain yang bisa digunakan adalah mengirim pesan tanpa perlu membuka aplikasinya. Untuk android, cukup buka Google Assistant lalu berikan perintah untuk mengirimkan pesan Whatsapp pada kontak tertentu.

3. Membaca pesan tanpa membuka aplikasi

Tak hanya bisa mengirimkan pesan tanpa membuka aplikasi, tapi juga mampu membaca pesan tanpa perlu membuka aplikasi. Namun untuk bisa melakukan hal ini, kamu harus menyetel di pengaturan terlebih dahulu.

Buka setelan, lalu pilih notifikasi. Lalu beri ceklis pada notifikasi pop-up. Kamu bisa memilih notifikasi pop-up muncul saat layar ponsel hidup, mati, atau kapan saja. Dengan mengaktifkan notifikasi pop-up, maka chat yang masuk akan langsung muncul di layar dan bisa langsung kamu balas tanpa perlu membuka aplikasi.

4. Bisukan

Merasa pusing dengan chat grup yang terlalu banyak masuk dan malas untuk membacanya saat itu juga? Kamu bisa membisukan notifikasi pada chat tertentu dengan menggunakan fitur bisu. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan menekan lama chat yang akan dibisukan, lalu akan muncul ikon speaker tercoret. Tekan ikon tersebut, pilih berapa lama kamu akan membisukan chat tersebut, 8 jam, 1 minggu, atau 1 tahun.

Itulah 4 fitur Whatsapp yang jarang diketahui kegunaannya oleh banyak orang. Dengan memaksimalkan fitur yang ada akan sangat membantu memudahkan komunikasi pada Whatsapp.