Ini Dia, Festival Dia De Los Muertos yang Jadi Inspirasi Film Hollywood

23

Mexico memiliki tradisi unik yang merayakan kematian. Dia de los Muertos atau dikenal dengan Day of The Dead merupakan festival atau tradisi perayaan yang digelar sebagai penghormatan terhadap anggota keluarga yang telah meninggal.

Festival kematian ini dirayakan setiap tanggal 1 dan 2 November, namun ada juga yang merayakannya sejak tanggal 31 Oktober malam dengan mengunjungi makam keluarga dan membawakan bunga beserta sajian lainnya.

Dengan melakukan festival ini, masyarakat Mexico percaya bahwa pada hari itu para arwah akan datang kembali ke dunia, mengunjungi keluarga yang ditinggalkan.

Dua orang sedang merayakan Dia de los Muertos.

Mungkin yang ada dalam bayangan Anda adalah perayaan yang mengerikan. Namun tidak seperti namanya yang menyeramkan, festival ini adalah perayaan yang digelar dengan sukacita dan kegembiraan.

Dalam festival ini, masyarakat Meksiko akan menyiapkan meja persembahan atau yang disebut ofrenda, lengkap dengan hiasan bunga, lilin, makanan sebagai persembahan, serta foto anggota keluarga yang telah meninggal. Masyarakat juga akan berdandan seperti tengkorak dan mengenakan pakaian tradisional yang berwarna cerah.

Tradisi ini awalnya berasal dari Mexico. Namun seiring dengan perkembangan budaya antar negara, sekarang festival ini juga dirayakan di Spanyol, Amerika Serikat, dan beberapa negara Amerika Latin. Bahkan beberapa tahun belakangan, festival ini dijadikan hari libur nasional.

Festival Dia de los Muertos bukan hanya sekedar perayaan tapi juga mengandung pesan moral, yaitu sebagai tanda penghormatan kepada para leluhur. Perayaan ini juga sebagai penyambung tradisi hubungan antar anggota keluarga dan pengingat untuk menjadikan keluarga sebagai prioritas utama.

Anda merasa pernah menyaksikan festival tersebut dalam sebuah film? Ya, festival ini dijadikan inspirasi dalam pembuatan film animasi Coco. Film yang menceritakan kisah seorang anak kecil bernama Miguel yang bermimpi menjadi seorang musisi.

Gambaran tentang festival Dia de los Muertos disajikan dalam film animasi karya Disney-Pixar tersebut.

Penasaran seperti apa? Nonton saja film animasi Coco. Atau Anda dapat langsung terbang ke Mexico untuk ikut meramaikan festival Dia de los Muertos disana. Bahkan Anda juga dapat ikut merias wajah ala tengkorak dengan mendatangi booth face painting yang tersebar di setiap sudut kota. Seru dan menarik pastinya!