Ini Dia Cara Jitu agar Pengeluaranmu Nggak Bengkak Tiap Bulan

20

Kebutuhan manusia semakin hari semakin meningkat. Entah itu kebutuhan berupa sembako, tagihan bulanan, dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya yang harus dibayarkan. Nah untuk mensiasati tagihan dan banyaknya kebutuhan yang kian hari makin membengkak, maka ada beberapa hal kecil nih yang efeknya besar banget untuk tabungan bulanan walaupun sedikit.

1. Bagi gajimu menjadi tiga golongan

Tanggal muda menjadi tanggal yang ditunggu para karyawan dan pekerja. Bagaimana tidak, biasanya gaji dibayarkan antara tanggal 1-3, dan kemudian hilang bagai angin yang berhembus begitu saja. Nah lho. Untuk mensiasati kejadian buruk itu, kamu bisa nih membagi gajimu menjadi 3 bagian, yaitu tagihan bulanan 55%, tabungan 10%, dan kebutuhan dadakan 35%. Nah dengan cara ini justru akan mempermudahkanmu untuk mensiasati pengeluaran yang membengkak di tiap bulannya.

2. Matikan listrik yang tidak terpakai

Nah biasanya banyak banget dari kita sampai membuang-buang listrik dengan percuma. Biasanya yang sering kita lakukan tanpa kita sadari adalah lupa mematikan keran air, membiarkan lampu menyala sampai siang hari, membiarkan TV menyala padahal tidak ditonton, lupa mematikan kipas angin, dan masih banyak lagi. Nah baru sadar kan, kebiasaan kecil kita yang sering banget kita lupain dan sering kita sepelekan. Dampaknya jangan kaget tagihan listrik membengkak. Waduh kalau gini siapa yang mau disalahin?

3. Sering makan diluar

Pernah nggak kamu masak di rumah tapi nggak kamu makan dan justru kamu malah makan di luar? Pasti jawabannya pernah. Kalau pernah biasanya berapa kali? Atau seberapa sering? Nah kalau kamu kaya gini terus tanpa terasa pengeluaranmu untuk kebutuhan makan bisa membengkak dua kali lipat. Nah untuk mensiasati ini, ada baiknya kamu pertimbangkan kamu lebih sering berada di luar atau di rumah. Kalau kamu sering berada di luar ada baiknya kamu tidak perlu masak di rumah.

4. List kebutuhanmu selama satu bulan

Ini penting banget dari kita yang kadang suka khilaf karena terpesona sama yang namanya harga diskon dan justru membeli barang bukan karena kita suka barang itu atau menjadi prioritas kebutuhan kita. Alasan kita membeli barang itu karena harganya saat itu diskon. Nyatanya harga diskon yang ditawarkan biasanya harga asli dari barang yang dijual atau harga yang dijual biasanya hanya selisih sekitar seribu atau dua ribu saja lho dari harga biasanya.
Nah biar kamu nggak kebobolan pas lagi belanja bulanan, ada baiknya kamu list barang pokok yang menjadi kebutuhanmu selama 1 bulan ke depan.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar pengeluaranmu nggak membengkak selama satu bulan dan tentunya masih punya simpanan walaupun sedikit juga.