Ini Dia Bagian Kulkas yang Mudah Rusak

25
Bagian Kulkas yang cepat rusak

Hayoo siapa yang hidupnya  tidak bisa lepas dari benda kotak dan dingin ini?hehe. Benda itu adalah kulkas. Di daerah tropis seperti Indonesia, kulkas sangat perlu dibutuhkan untuk menyimpan bahan makanan biar tidak rusak dan untuk menyimpan aneka minuman dingin. Tapi ingat ya, kulkas juga perlu dirawat agar tetap menghasilkan dingin stabil dan tidak cepat rusak. Perlu diketahui ini beberapa bagian kulkas yang rawan rusak.

1. Kabel yang putus

Pernah mati listrik di rumah?kemudian saat hidup semua benda elektronik yang tertancap pada saklar listrik juga akan hidup. Kulkas yang awalnya mati kemudian hidup lagi, jika ini sering terjadi bisa mengakibatkan korsleting listrik pada kabel kulkas. Hasilnya kabel dikulkas cepat rusak atau bahkan putus. Makanya pada saat mati listrik, hendaknya dicabut juga kabel saklar listrik pada kulkas. Ketika listrik hidup, baru ditancapkan lagi.

2. Kompresor

Kompresor yang rusak menyebabkan kulkas tidak dingin. Wah percuma dong ya kalau dibuat nyimpan stok makanan dan minuman di kulkas. Sebelum ini terjadi, seringlah mengecek bagian kulkas terutama dibagian kompresor, pastikan apakah kompresor dialiri listrik atau tidak dan cek apakah tidak ada yang rusak, bocor, atau kekurangan yang lain. Jika kompresor tidak teraliri listrik, kapasitor pun akan cepat rusak. Solusinya, mending dibawa ke ahli perbaikan kulkas untuk  melakukan perbaikan.

3. Freezer

Freezer mati biasnya disebabkan banyak hal seperti masalah refrigen yang tersumbat, pipa yang bocor, kekurangan Freon, kondensor yaitu alat untuk mengkondisikan dingin di dalam kulkas dengan membuat suhu panas telah rusak, atau suhu lingkungan yang tinggi. Jika hal ini terjadi cek kompresor, pipa dan jalur refrigen serta Freon pada kulkas.

4. pipa yang bocor

Pipa pada kulkas untuk menampung es yang mencair pada kulkas saat kulkas mati, jika pipa bocor maka saluran es yang mencair dari freeze akan berpotensi masuk ke mesin kulkas. Ini juga bisa menyebabkan korsleting pada kulkas. Jika ini terjadi bisa merambat ke banyak bagian dari mesin kulkas.

Pastikan juga timer dan heater kulkas masih baik karena jika timer dan heater kulkas bermaslah maka proses pendinginan dan pembuangan bunga es bisa terhmabat, hal ini yang membuat pipa di kulkas menjadi tersumbat. Jika tersumbar harus dibongkar total dan dibersihkan sumbatan pada pipa tersebut. Untuk lebih baiknya, bisa meminta bantuan pada ahli perbaikan kulkas.

5. Freon

Freon ini bisa dibilang jantungnya kulkas, dingin pada kulkas karena adanya Freon ini. jika Freon dikulkas terlalu banyak bisa juga menyebabkan kulkas rusak karena over load di dalam wadah penampungan, sehingga suhu dingin dari Freon malah menyebar ke mesin kulkas. Jika Freon terlalu sedikit bisa juga menyebabkan kulkas cepat rusak juga karena suhu dingin tidak sampai pada dalam kulkas.

Ada baiknya mengisi Freon disesuaikan dengan kadar tampungan Freon di kulkas, atau baca buku petunjuk dari perusahaan atau pabrikan kulkas saat diproduksi awalnya.lebih baiknya, serahkan pengisian Freon pada ahli perbaikan kulkas.