Ini Dia Alasan Pramuka Memilih Kelapa Menjadi Simbolnya

32

Setiap orang ingin menjadikan dirinya bermanfaat dalam kehidupannya. Bahkan ia menggambarkan dirinya menjadi sesuatu yang benar-benar bermanfaat untuk orang lain, salah satunya dengan pohon kelapa.

Seperti kita tahu, pohon kelapa memiliki banyak manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Nggak percaya dan mau tau apa aja bagian-bagian kelapa yang bisa kita gunakan dalam kehidupan manusia? Yuk simak ulasan berikut alasan Pramuka memilih kelapa menjadi simbolnya.

1. Buah kelapa

Buah kelapa menjadi buruan orang lain. Buah kelapa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh diantarannya sebagai penawar racun yang ada di dalam tubuh, menyegarkan badan, dan masih banyak lagi manfaatnnya.

Selain air yang ada di dalam buah kelapa, ada juga daging buah kelapa yang bisa kita konsumsi langsung atau justru kita olah dengab cara diparut kemudian kita jadikan santan yang nantinya membuat masakan menjadi gurih dan nikmat.

Selain dibuat masakan, santan dari kelapa sendiri bisa lho digunakan untuk membuat minyak kelapa yang biasanya dijadikan minyak urut.

2. Batok kelapa

Batok kelapa biasanya yang kita dapat dari tempurung kelapa ini digunakan sebagai bahan kerajinan tangan lho. Wah pasti unik nih hasilnya.

3. Daun kelapa

Daun kelapa bisa dijadikan sebagai bahan pembungkus ketupat ketika hari raya. Tapi daun kelapa sendiri juga memiliki manfaat sebagai sapu lidi yang tujuannya sendiri untuk membersihkan pekarangan rumah.

Selain menjadi sapu lidi, daun juga bisa dijadikan sebagai atap rumah ketika jaman dahulu kala lho. Wah banyak banget ya manfaatnya.

Selain itu biasanya, daun kelapa yang sudah menguning pun dijadikan janur kuning atau pertanda adanya acara pernikahan di sebuah tempat.

4. Batang pohon kelapa

Batang pohon kelapa sendiri ternyata memiliki manfaat sebagai bahan bangunan rumah lho. Biasanya banyak orang yang memperjualbelikan batang pohon kelapa sebagai bahan bangunan rumah.

5. Akar pohon kelapa

Kalau tadi kita sudah bahas daun, batang, buah, batok atau tempurung buah kelapa. Kini kita bahas manfaat akarnya. Emang ada ? Jawabannya ada. Akar pohon kelapa memiliki manfaat sebagai bahan pewarna.

Nah itu dia manfaat dari pohon kelapa. Banyak banget ya ternyata manfaatnya, mungkin sebagian kita pohon kelapa hanya bisa diambil buahnya saja, nyatanya hampir semua bagian yang ada di dalamnya bisa digunakan.

Oh iya kalian ingat tidak, pramuka melambangkan simbolnya menggunakan tunas kelapa ? Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang bisa diambil dari kelapa dan berharap pramuka juga memiliki banyak manfaat untuk orang lain.

Ngomong-ngomong soal pramuka, tepat tanggal 14 Agustus 2019 pramuka akan merayakan hari jadinya ke 58. Selamat hari pramuka, praja muda karana.