Ini Dia 6 Cara Anak Kost Menabung Paling Efisien

70

Jadi anak kost memang gampang-gampang susah. Kehidupan yang jauh dari orang tua membuat anak kost harus bisa lebih mandiri. Mulai dari mengurus makanan, pakaian, bahkan ketika sakit sekalipun semuanya harus diurus sendiri.

Begitu pula dengan urusan keuangan. Uang kiriman dari orang tua pun menjadi sumber utama yang harus digunakan dengan baik. Meskipun jauh dari orang tua dan harus bertahan dengan uang kiriman yang selalu pas-pasan, anak kost ternyata masih bisa menabung juga lho!

Berikut ini adalah beberapa cara menabung ala anak kost yang bisa kamu coba:

1. Kuatkan tekad

Meskipun keuangan anak kost tidak menentu, tapi dengan tekad yang kuat, anak kost juga pasti bisa menabung. Tentukan tujuan dari menabung agar lebih bersemangat dalam mengumpulkan uang. Dengan adanya tujuan menabung yang jelas, maka bisa ditentukan pula berapa jumlah uang yang harus dikumpulkan setiap bulannya. Keuangan pun akan jauh lebih teratur.

2. Kurangi jalan-jalan

Yang namanya anak kost, pasti ada saja godaan untuk makan atau sekedar berjalan-jalan ke luar bersama teman. Kegiatan semacam ini sebenarnya baik untuk kehidupan sosial tapi buruk untuk kondisi keuangan.

Jika memang berniat menabung, maka kurangilah berkumpul di luar bersama teman. Berjalan-jalan keluar kost-an hanya akan membuat tabunganmu jadi jebol. Ajak teman untuk berkumpul di rumah kost saja jika hanya sekedar ingin mengobrol untuk menghindari pengeluaran di luar rencana.

3. Jangan sepelekan uang receh

Yang namanya uang receh sering kali dianggap sepele, padahal jika dikumpulkan akan menghasilkan nominal yang lumayan. Simpan uang receh dengan baik dalam celengan dan kamu tidak akan mengira bahwa recehan tersebut ternyata telah berubah nominalnya. Setelah kamu rasa celengan sudah cukup berat, maka kamu bisa memecahkannya dan memasukkan seluruh hasil celengan kamu ke dalam tabungan di bank.

4. Buat rekening khusus

Ada baiknya jika kamu membuat rekening khusus untuk tabungan. Dengan membuat rekening khusus, maka uang yang akan digunakan untuk keperluan sehari-hari tidak akan bercampur dengan uang tabungan. Jangan lupa pula untuk memilih tabungan yang tidak memberikan fasilitas ATM sehingga kamu juga tidak mudah untuk menggesek hanya untuk keperluan yang tidak penting.

5. Mencari penghasilan tambahan

Meskipun anak kost mendapatkan kiriman uang bulanan dari orang tua, tapi bukan berarti akan terus mengandalkan uang kiriman saja. Jika ingin menabung, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan yang tentunya tidak akan mengganggu aktivitas utama kamu. Dengan mencari penghasilan tambahan, maka tabungan kamu akan jauh lebih mudah terkumpul.

6. Kurangi pengeluaran

Cara lain agar bisa menabung adalah dengan mengurangi pengeluaran. Jika biasanya anak kost mudah sekali boros, maka sudah saatnya untuk melakukan penghematan. Kalau biasanya akan ada pengeluaran untuk membeli baju, sepatu, tas, atau barang yang tidak terlalu penting lainnya, maka sebaiknya kurangilah agar uang yang tersisa untuk menabung jadi lebih banyak.

Itulah 5 cara menabung ala anak kost yang serba pas-pasan. Meskipun keuangan anak kost tidak menentu, tapi jika tekad kuat maka menabung pun bisa dilakukan.