Ini Dia 5 Perawatan Rambut untuk Kamu yang Berhijab

56

Rambut adalah mahkota bagi para pemiliknya. Lalu bagaimana dengan perempuan berhijab? Sama seperti kebanyakan perempuan lainnya, rambut juga merupakan mahkota yang harus dijaga dan dirawat. Lalu bagaimana dengan perempuan berhijab menjaga rambutnya? Kan hampir satu hari penuh dari pagi hingga malam ia selalu menggunakan hijabnya dan menutupi rambutnya. Pasti rambutnya rontok, bau, lepek, kusut dan lainnya. Tapi sahabat Dori yang berhijab jangan khawatir, permasalahan-permasalahan tadi nggak bakalan singgah dan bertamu dalam rambutmu kalau kamu mau lakukan hal ini. Berikut ada tips untuk merawat rambut bagi wanita yang berhijab.

1. Rutin keramas

Mencuci rambut adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Mengapa ? Karena minyak dan kotoran rambut yang berada di sela-sela batang rambut dapat mengganggu kamu dalam beraktivitas. Kamu akan merasa gatal dan akan sering menggaruknya. Kamu nggak mau kan garuk-garuk di depan orang lain pas lagi ngobrol atau berdiri di depan orang penting? Nah, untuk itu jagalah kebersihan rambutmu dengan mencuci dengan sampho yang sesuai dengan jenis rambutmu.

2. Mengeringkan rambut

Sebelum kamu menggenakan jilbab. Ada baiknya kamu mengeringkan rambut dengan keadaan benar-benar kering. Ini bertujuan agar rambutmu tidak berbau pas diikat. Jadi mulai sekarang sebelum kamu mengikat rambut dan menggunakan jilbab kamu harus benar-benar memastikan rambutmu benar-benar kering ya.

3. Rajin menyisir rambut

Untuk menghindari kerontokan rambut yang berlebih. Kamu harus rajin menyisir rambut, tujuannya agar rambutmu tidak kusut dan memudahkan kamu untuk mengaturnya. Menyisir rambut bisa kamu lakukan sebelum kamu keramas, bangun dari tidur dan sebelum mengikat rambutmu.

4. Menggerai rambut

Sama seperti tubuh lainnya, rambut juga ingin beristirahat. Untuk itu ketika kamu mau tidur kamu bisa melepas ikatan di rambutmu. Tujuannya agar rambutmu bisa bernafas dari ikatan rambutmu yang begitu erat dan mengikat. Selain itu kamu juga bisa memberikan ikatan rambutmu ketika kamu tidak sibuk atau dalam keadaan santai.

5. Rajin menyuci jilbab dan innernya

Kebersihan jilbab juga menentukan rambutmu dalam keadaan sehat atau tidak. Sewajarnya jilbab digunakan sesuai dengan kesibukan kita. Semisal hari ini kita pergi hampir satu hari penuh dari pagi hingga malam. Maka ada baiknya besok jilbab yang kita gunakan kita cuci. Karena terlalu lama kita bepergian dikhawatirkan polusi dan debu yang ada di luaran menempel di serat kain jilbab dan mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakannya. Selain itu, menjaga kebersihan bukankah hal yang disukai Allah bukan?

Nah itu dia sahabat Dori, untuk menghindari rusaknya rambut dan permasalahan-permasalahan rambut lainnya. Tidak sulit bukan ? Itu merupakan hal kecil yang bisa kita lakukan. Hanya saja kita terlalu sering mengabaikan dan menganggap sepele hal tersebut. Tapi tahukah kamu mengabaikan hal sepele itu ternyata dampaknya segitu parahnya lho. Wah nggak mau kan, rambutmu bermasalah karena kamu malas merawat tubuhmu. Jadi ingat-ingat ya mulai sekarang, bersihkan rambutmu dengan perawatan yang sesuai dengan jenis rambutmu, kemudian keringkan rambut dengan keadaan kering, rajin menyisir rambut, lepas tali pengikat rambut dan jangan lupa ganti jilbab. Sekian dulu artikel dari saya, semoga bermanfaat.