Ini Dia 3 Kuliner yang Bisa Kamu Coba di Nusa Penida

12

Nusa penida merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia, yang letaknya tepatnya di sebelah tenggara pulau dewata Bali. Pulau Nusa penida ini memiliki keindahan yang sangat menajubkan dan membuat kamu enggan beranjak dari tempat ini.

Biasanya para pengunjung yang datang ke nusa penida ini berasal dari penduduk lokal dan juga turis mancanegara. Mereka berbondong-bondong ingin menikmati indahnya panorama di pulau ini.

3 Kuliner yang Bisa Kamu Coba di Nusa Penida

Selain memiliki keindahan alam yang eksostis, pulau Nusa Penida juga memiliki kuliner khas yang wajib banget kamu cicipi lho. Wah kira-kira apa saja ya kuliner yang wajib dicoba ? Yuk kita baca ulasan berikut

1. Sate lilit

Kalau kita mendengar sate, pikiran kita langsung tertuju pada kota Madura. Betul nggak ? Tapi tahu nggak sih, ternyata Bali juga punya sate andalan dari pulau dewata sendiri lho dan wajib dicoba lho oleh para traveller, namanya sate lilit.

Sate lilit merupakan salah satu makanan yang menjadi ciri khas di pulau Nusa Penida Bali. Sate yang dibuat dari potongan daging ayam atau kambing ini dicincang kecil-kecil kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu khas Nusa Penida kemudian dibakar dengan cara dililit dan disajikan dengan ketupat dan sayur nangka. Wah jadi penasaran nih sama rasanya, gimana ya ?

2. Ledok

Ledok merupakan bubur khas nusa penida yang berbahan dasar jagung, singkong dan daun singkong. Ada yang unik dari pembuatan ledok ini, bahan dasar yang dijadikan bubur bukan berasal dari beras yang biasanya digunakan kebanyakan orang, akan tetapi pembuatan bubur ledok ini berasal dari daun singkong yang dihancurkan hingga lembut kemudian dicampur menjadi satu dengan jagung dan singkong, dan langkah terakhir semua bahan disiram dengan bumbu khas nusa penida yang terkenal kuat dengan rempah-rempahnya.

Untuk mendapatkan ledok sendiri, pengunjung juga tidak perlu bingung dan bersusah payah mencarinya kemana, karena ledok mudah dijumpai di sepanjang jalan pulau ini.

3. Tipat Santok

Tipat santok merupakan makanan yang terbuat dari singkong atau ubi yang diparut kemudian dikukung hingga matang dan disajikan.

Untuk mendapatkan tipat santok juga tidak sulit kok, kamu bisa mendapatkan di sepanjang jalan nusa penida.

Nah itu dia kuliner yang bisa kamu cicipi di daerah nusa penida. Jadi kamu mau memutuskan mencicipi yang mana dulu ? Semoga bermanfaat