Ini Dia 12 Makanan Khas Jawa dan Keunikannya yang Bikin Ngiler!

28

Jawa adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki sejuta budaya dan koleksi kuliner yang khas. Kenikmatan dari makanan khas Jawa memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Makanan khas Jawa memang selalu menjadi makanan favorit di seluruh meja makan keluarga Indonesia.

Untuk lebih mengenal mengenai makanan khas Jawa, berikut ini adalah beberapa makanan khas Jawa yang memiliki keunikan dan kenikmatan tiada tara:

1. Gudeg

Siapa yang tidak kenal dengan gudeg? Makanan khas dari Jogja dan Jawa Tengah ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Terbuat dari nangka muda yang dimasak berjam-jam lamanya, gudeg menjadi makanan favorit banyak orang.

2. Rujak cingur

Kenikmatan dari segarnya buah-buahan dan bumbu rujak yang pedas manis membuat rujak cingur selalu menjadi makanan khas Jawa yang dinanti. Kombinasi buah dan bumbunya membuat siapa saja ketagihan.

3. Lontong balap

Lontong balap adalah lontong yang dibuat dengan campuran toge, kacang panjang, tahu goreng, bawang goreng dan sambal yang disiram dengan kuah asin manis dan gurih. Lontong balap sangat nikmat disantap ketika masih hangat. Disebut lontong balap karena penjualnya sangat cepat berjalan membawa gerobaknya

4. Tahu tek

Tepat seperti namanya, tahu tek adalah tahu goreng yang dijual dengan membunyikan pemukul yang berbunyi Tek Tek Tek. Tahu tek terdiri dari tahu goreng, toge, kentang goreng, kerupuk, dan timun yang disiram kuah khusus. Rasanya pedas manis yang pastinya membuat siapa saja selalu ingin mencoba lagi.

5. Nasi pecel

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Jawa yang satu ini? Pecel merupakan salad sayur khas Jawa yang memiliki rasa manis pedas dan asin. Nasi pecel sangat cocok disantap sebagai menu makan siang didampingi dengan es limun segar.

6. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang memang juaranya lumpia. Makanan khas Semarang ini memiliki isian berupa sayur, udang, atau daging ayam yang sangat nikmat. Lumpia Semarang juga sangat pas dinikmati selagi hangat dengan cocolan sambal yang pedas.

7. Tahu petis

Tahu petis adalah tahu goreng yang dimasak dengan menambahkan bumbu seperti saus di tengahnya. Bumbu ini terbuat dari petis atau udang dan ikan yang diolah hingga berwarna hitam dan menghasilkan rasa gurih yang super nikmat. Siap pun yang mencoba tahu petis ini dijamin akan ketagihan.

8. Nasi gandul

Nasi gandul adalah nasi putih, telur, daging sapi, yang disiram dengan menggunakan kuah santan kuning yang kental. Nasi gandul memiliki rasa yang manis gurih sehingga banyak sekali penggemarnya. Nasi gandul sangat cocok dimakan selagi masih hangat.

9. Lontong kari

Lontong kari adalah lontong yang disajikan dengan bumbu kacang, kuah kari, daging sapi, dan sayur lainnya. Lontong kari biasanya dijumpai sebagai menu sarapan karena menunya yang cukup lengkap.

10. Lepet kuningan

Berbeda dengan lepet pada umumnya, jika lepet dibungkus dengan menggunakan daun hijau sehingga isinya juga berwarna hijau, maka lepet kuningan justru dibungkus dengan daun berwarna coklat sehingga warnanya jadi sedikit kemerahan. Meskipun begitu, rasa dari makanan ini tidak kalah nikmat dibanding dengan makanan lain.

11. Mie kocok

Mie kocok memiliki tekstur seperti mie ayam. Hanya saja mie kocok memiliki kuah yang berbeda. Kuah mie kocok biasanya memiliki rasa gurih yang khas dari udang giling dalam bumbunya. Mie kocok sangat pas dinikmati selagi hangat.

12. Karedok

Karedok memiliki kemiripan dengan pecal. Hanya saja karedok menggunakan sayur yang masih mentah sedangkan pecal menggunakan sayur yang telah direbus. Bumbu yang digunakan juga sama yakni bumbu kacang.

Itulah 12 makanan khas Jawa yang unik dan memiliki rasa yang khas. Begitu banyak koleksi kuliner Indonesia yang wajib kita lestarikan. Kekayaan budaya dan kuliner inilah yang akan menjadi nilai tambah Indonesia di mata dunia.