Ini Dia 10 Makanan Khas Solo yang Cocok Dinikmati Saat Hujan!

20

Beberapa hari belakangan ini, Indonesia semakin dering diguyur hujan. Jika hujan sudah datang, tak pelak perut pun menjadi lebih mudah lapar. Makanan yang paling nikmat dimakan saat hujan memang makanan yang hangat dan pastinya nikmat, apalagi makanan khas Solo.

Berikut ini adalah 10 makanan khas Solo yang cocok dinikmati saat hujan:

1. Timlo

Timlo adalah makanan khas Solo yang memiliki rasa yang nendang dan super nikmat. Potongan sosis Solo, mi soen, suwiran ayam, serta kuah kaldu yang panas sangat pas dinikmati saat hujan datang.

2. Sate buntel

Sate buntel adalah daging kambing yang dicacah lalu dilapisi dengan lemak tipis dan dibakar. Sate buntel memiliki aroma dan rasa yang khas yang pastinya akan membuat siapa saja ketagihan. Bahkan Pak Soeharto dan Joko Widodo juga sangat menyukai sate buntel yang legend ini.

3. Sate kere

Meskipun namanya adalah sate kere yang memiliki arti miskin, tapi kalau soal rasa, sate kere tak kalah nikmat dengan sate buntel. Sate kere adalah sate biasa yang terdiri dari jeroan, daging ayam, sapi, dan lainnya. Namun karena harganya yang sangat miring dibandingkan dengan sate pada umumnya, makanya makanan ini disebut sate kere.

4. Mie gajah mas

Mie gajah mas adalah salah satu makanan kas Solo yang sedang naik daun. Makanan yang satu ini memiliki warna yang beraneka ragam yang terbuat dari bahan alami. Mie gajah mas sendiri sebenarnya seperti mie ayam biasa, hanya saja memiliki warna yang unik dan menarik.

5. Selat Solo

Selat Solo adalah makanan khas Solo yang dibuat dari irisan daging, telur, buncis, kentang, dan wortel yang disiram dengan kuah semur yang panas. Menikmati selat Solo di saat hujan datang tentu menjadi kenikmatan tersendiri.

6. Tengkleng

Tengkleng adalah makanan khas Solo yang memiliki cukup banyak penggemar. Tengkelng merupakan tulang yang amsih memiliki sedikit daging yang menempel. Tengkleng yang memiliki kuah berwarna kuning kecoklatan sangat nikmat dimakan saat hujan.

7. Tahu kupat

Tahu kupat adalah ketupat, tahu goreng, toge, bakwan, dan bumbu lainnya. Rasa tahu kupat sendiri manis, pedas, dan gurih. Selain cocok dimakan saat hujan, tahu kupat juga pas untuk sarapan.

8. Soto gading

Soto gading adalah soto ayam yang memiliki kuah kental berwarna putih susu. Soto yang sangat terkenal di Solo ini juga dapat disajikan dengan campuran tempe, tahu, sate uritan, dan aneka jeroan.

9. Bakso Solo

Solo juga dikenal dengan baksonya yang sangat fenomenal. Kuah yang begitu nikmat dengan bakso lezat menjadi perpaduan yang pas untuk menjadi santapan di kala hujan datang.

10. Bubur tumpang

Makanan lain yang sangat tepat dinikmatai saat hujan adalah bubur tumpang. Bubur tumpang adalah bubur yang dibuat dengan campuran tahu dan tempe serta kulit sapi dengan sambal yang khas.

Itulah 10 makanan khas Solo yang sangat cocok dinikmati saat hujan tiba. Tak hanya nikmat, makanan khas Solo memang selalu ramah di kantong.