Ini Dia 10 Makanan Khas Muaro Jambi yang Super Enak!

72

Muaro Jambi adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jambi. Daerah yang memiliki 11 kecamatan ini ternyata memiliki koleksi kuliner yang super nikmat. Bagi kamu yang berencana mengunjungi daerah yang satu ini, berikut adalah 10 makanan khas Muaro Jambi yang tidak boleh kamu lewatkan:

1. Tempoyak 

Tempoyak adalah makanan khas Muaro Jambi yang dibuat dari durian. Raja buah ini diolah dengan cara difermentasikan lalu dicampur dengan sambal sehingga menghasilkan makanan dengan cita rasa pedas dan asam.

2. Kue padamaran

Kue padamaran adalah makanan khas Jambi yang dibuat dari tepung beras dan santan.

Kue padamaran memiliki tekstur yang hampir mirip dengan bubur sumsum, hanya saja kue padamaran memiliki kuah gula merah pada bagian dasarnya dan menggunakan air suji sebagai pewarna alami.

3. Kue srikaya

Jangan salah paham dulu dengan namanya. Meskipun memiliki nama srikaya, tapi kue ini tidak menggunakan srikaya sama sekali, baik buah srikaya atay selai srikaya.

Kue srikaya khas Jambi memiliki aroma pandan yang kuat sehingga menggoda siapa saja yang ingin memakannya. Kue yang dibuat dari campuran santan dan tape ini memiliki rasa manis yang membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya lagi. 

4. Dodol nanas

Muaro Jambi memiliki nanas yang melimpah ruah sehingga masyarakat di sekitarnya pun berusaha untuk memanfaatkan sumber daya yang melimpah ini.

Salah satunya adalah dengan membuat dodol nanas. Dodol nanas memiliki rasa manis dan asam yang pas sehingga tidak membuat penikmatnya bosan untuk memakannya.

5. Nasi gemuk

Jika di Jawa dikenal dengan sebutan nasi uduk, maka di Jambi nasi yang dimasak dengan santan ini dikenal dengan nama nasi gemuk. Nasi gemuk di Muaro Jambi hampir sama dengan nasi uduk di Jawa, hanya saja penyajiannya menggunakan kerupuk bukan emping.

6. Bolu kojo

Bolu kojo adalah bolu khas Muaro Jambi yang memiliki warna hijau. Kue yang manis dan legit ini biasanya dijumpai pada saat bulan puasa sebagai hidangan pembuka. Bolu kojo juga banyak dibawa pulang oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Jambi.

7. Kue gandus

Kue gandus terbuat dari tepung beras, tepung sagu, garam, dan santan. Kue dengan warna putih ini disajikan dengan taburan abon, seledri, cabai, dan bawang goreng. Rasa pedas dan gurih dari kue gandus membuat siapa saja selalu ketagihan.

8. Gulai tepek ikan

Makanan selanjutnya adalah gulai tepek ikan. Gulai tepek ikan adalah olahan ikan sungai, biasanya ikan gabus, yang dimasak dengan bumbu gulai khas Jambi dan santan kental.

Gulai tepek ikan biasanya hanya disajikan pada saat momen tertentu saja, misalnya acara pernikahan atau sunatan.

9. Sup tulang 

Menyeruput kuah sop sambil menikmati daging sapi yang masih melekat pada tulangnya tentunya menjadi makanan yang sangat nikmat dan segar.

Sup tulang khas Muaro Jambi memang benar-benar beda dan hanya bisa kamu temukan di Jambi. Kuah supnya yang gurih dan dagingnya yang lembut merupakan daya tarik tersendiri dari kuliner ini. 

10. Kue putri kandis

Selain kue gandus dan kue padamaran, Muaro Jambi juga mempunyai kue putri kandis yang tak kalah nikmatnya. Tampilan kue putri kandis ini memiliki warna yang sangat menarik.

Dengan warna coklat dan hijau yang berselang seling, kue putri kandis juga memiliki rasa yang sangat lezat.

Itulah 10 makanan khas Muaro Jambi yang tidak boleh kamu lewatkan. Kuliner Nusantara memang tidak ada habisnya. Sebagai generasi muda, mari kita lestarikan warisan kuliner ini dengan tetap membuatnya eksis.