Ini Dampak Orang Tua Sering Memarahi Buah Hatinya

18
memarahi anak

Dalam menjalani hari-harinya pada masa perkembangan, memang sering sekali bahkan amat sering buah hati melakukan berbagai tindakan yang kurang benar. Namun salah satu penyebabnya adalah tindakan tersebut dilakukan atas dasar keingintahuan atau karena anak tidak mengerti bahwa perbuatan itu salah.

Misalnya buah hati tidak mau menurut dengan orang tua, ingin main ke rumah teman tanpa mengenal waktu, Bertengkar dengan teman sebayanya, susah diarahkan dan lain sebagainya. Sebenarnya hal demikian masih terbilang wajar. Sebaiknya bunda jangan terlalu sering memarahi buah hati jika kesalahannya masih tergolong dalam batas kewajaran. Apa alasannya? Yuk simak artikel berikut ini dampak orang tua sering memarahi buah hati:

  • Menjadikan buah hati menjadi pribadi tertutup dengan kedua orang tuanya

Karena sering di marahi kedua orang tuanya, membuat anak menjadi pribadi yang tertutup khususnya dengan kedua orang tuanya. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab karena sering dinilai salah dalam menempatkan diri oleh kedua orang tuanya. Ia berpikiran lebih baik menjadi pribadi ganda di dua lingkungan (lingkungan rumah dan lingkungan sekolah atau tempat bermain). Hal tersebut dilakukan karena anak tidak ingin membuat kedua orang tuanya memarahinya apabila ia bertindak salah dan tidak sesuai yang orang tua mau. Jadi, ketika ia di lingkungan luar ia akan menjadi pribadi yang energik, bahkan aktif sementara saat di rumah ia memilih diam sesuai apa yang diinginkan orangtuanya.

  • Karena sering dinilai salah dalam melakukan perbuatan, bisa memicu kreativitas buah hati menurun

Karena sering dinilai salah dan dimarahi orangtuanya, membuat anak memilih bersikap sesuai dengan apa yang di perintahkan kedua orang tuanya. Ia cenderung lebih memilih didekte terlebih dahulu dengan alasan agar tidak di marahi ayah bunda. Dengan begitu daya kreativitas anak menurun dan ia tidak sedikitpun mau memiliki inisiatif sendiri dalam melakukan sebuah perbuatan.

  • Menjadikan buah hati kurang percaya diri

Karena selalu di marahi dan dinilai salah anak akan merasa minder dan merasa bahwa apa yang ia lakukan sangat jauh dari nilai benar. Dengan begitu akan tumbuh pada diri anak rasa kurang percaya diri terhadap dirinya. Ia takut apa yang ia lakukan salah dan salah. Sehingga membuatnya di marahi orangtuanya bahkan di hukum kedua orang tuanya.

Itulah sahabat dori artikel tentang dampak orang tua sering memarahi buah hati. Semoga bermanfaat. Sebaiknya sebagai orang tua sebisa mungkin memberikan alur pendidikan pada anak dengan baik. Anak melakukan kesalahan wajar saja dan butuh pemakluman, asal kesalahannya pun tidak jauh dari batas wajar.