Ini Daftar Awak Kabin Apollo yang Pernah Pergi Ke Bulan

18

Selama ini sempat terkenal beberapa orang yang diketahui pernah berkunjung ke bulan atau mendarat disana yaitu Neil Armstrong pada tahun 1969 silam. Neil Armstrong memang terkenal menjadi orang bumi pertama yang menginjakkan kaki di bulan. Terlepas dari hoax atau fakta tentang pendaratan manusia di bulan, ternyata ada beberapa astronot lain yang telah berhasil berpijak di bulan selain Neil Armstrong loh. Wah siapa aja nih? Penasaran? Yuk simak!

1. Awak kabin Apollo 11

Neil Armstrong dan Buzz Aldrin merupakan penduduk bumi pertama yang berhasil sampai ke bulan pada 20 Juli tahun 1969. Dan berada di sana selama kurang lebih 21 jam 36 menit 21 detik. Selama berada di bulan mereka melakukan kegiatan menancapkan bendera Amerika Serikat sebagai peninggalan jejak, mengumpulkan batu dari bulan serta uji coba pengukuran jarak dari bumi ke bulan.

2. Awak kabin Apollo 12

Selanjutnya misi Apollo ke 12 kembali diluncurkan tepatnya pada 14 november 1969 untuk mengirim pasukan ke bulan. Astronot yang pergi ke bulan kali ini yaitu Charles Conrad bersama Alan L. Bean. Mereka berdua berada di bulan setelah pendaratan, selama 1 hari 7 jam 31 menit. Merupakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan pendaratan pertama. Awak kabin Apollo 12 mendarat di bagian bulan yang diberi nama Ocean of Storms.

3. Awak kabin Apollo 14

Karena pada saat awak kabin Apollo 13 mencoba melakukan pendaratan di bulan terjadi sebuah ledakan tabung oksigen, akhirnya mereka gagal dan tidak jadi melanjutkan aksinya. Lalu dilanjutkan oleh awak kabin Apollo 14 yang mencoba menginjak bulan tepatnya pada 31 Januari tahun 1971. Dan astronot yang pergi kesana adalah Alan Shepard bersama Edgar Mitchell. Mereka berdua mendarat dibagian bulan Fra Mauro dan melakukan beberapa kegiatan selama di bulan diantaranya melakukan percobaan potensi gempa bumi di bulan.

4. Awak kabin Apollo 15

Selanjutnya ada David Scott dan James Irwin yang menjadi astronot perwakilan awak kabin Apollo 15 yang mendarat ke bulan. Mereka berdua berada di bulan lebih dari tiga hari, sangat lama dibandingkan dengan pendaratan sebelumnya yang hanya menghabiskan waktu 1 hari di bulan. David dan James melakukan penjelajahan di bulan terjauh yang pernah dilakukan oleh astronot lainnya.

5. Awak kabin Apollo 16

Kemudian awak kabin Apollo 16 masih dari Amerika Serikat. Kali ini astronot yang dikirimkan yaitu John Young dan Charles Duke yang berhasil menginjakkan kaki di bulan tepatnya pada 21 april tahun 1972 silam. Dan mereka berada di bulan selama kurang lebih 72 jam.

Nah itu tadi beberapa awak kabin Apollo asal amerika serikat yang berhasil mendarat dan menginjakkan kakinya di bulan. Serta melakukan beberapa kegiatan dan uji coba eksperimen. Setelah mereka semua, apakah kalian tidak tertarik mengunjungi bulan?