Ini Cara Supaya Pengeluarannya Nggak Bengkak Tiap Bulan

31

“Hemat pangkal kaya”. Pernah dong denger pepatah yang satu ini. Menurutmu, pepatah ini masih bisa nggak sih dijadikan pijak untuk hidup di jaman sekarang. Di mana kebutuhan semakin hari semakin membekak harganya dan semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan dicukupi.

Mungkin juga nggak sih kita bisa nabung di masa sekarang ? toh terkadang lebih banyak pengeluaran yang dikeluarkan daripada pemasukan yang didapat. Yuk simak tips trik berikut ini :

  • Membuat daftar belanja untuk satu bulan ke depan

Buat kamu yang mudah tergoda dengan pernak pernik barang yang berkilau berjejer di rak dan etalase toko ada baiknya sebelum berbelanja membuat daftar belanja barang yang harus dibeli. Tujuannya untuk menghindari keinginan mata yang tidak bisa dimaafkan.

Apalagi buat para wanita, liat yang kinclong dikit belok, mentereng dikit belok. Eh sampe lupa kebutuhan prioritas yang mau dibeli. Yuk mlai sekarang tulis daftar barang yang mau dibeli.

  • Atur keuanganmu dengan sebaik mungkin

Ketika kamu baru saja dapat pemasukan. Ada baiknya kamu bagi menjadi tiga bagian, yaitu kebutuhan pokok, kebutuhan dadakan, dan tabungan. Tujuannya ? untuk mengurangi kekhilapan dan supaya kamu punya tabungan. Dana kebutuhan pokok kamu tau lah berapa jumlah anggaran yang harus dikeluarkan.

Dana kebutuhan dadakan ini juga penting banget, kalau sewaktu-waktu kamu butuhkan, semisal keperluan untuk membeli beberapa potong pakaian ataupun beberapa barang lainnya yang statusnya mendesak harus segera dibeli. Kemudian ada yang namanya, dana tabungan.

Untuk yang satu ini kalau bisa jangan dikorek-korek, diutak atik, diapa-apain (Kecuali emang kamu kepepet banget harus dibongkar).

  • Pertimbangkan barang yang hendak kamu beli

Terkadang beberapa orang membeli barang hanya sebatas menuruti kemauan mata saja. Selepas itu hempas dan masuk ke dalam lemari tanpa tersentuh tangan sekalipun. Ini biasanya kekhilapan cewek banget. Nah mulai sekarang, coba berpikir dua kali kira-kira akan dipakai apa, keperluannya apa, terus sangat banget diperlukan atau nggak.

  • Lawan kebiasaan buruk yang membuatmu boros

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk dan kebanyakan membawa pengaruh buruk ke finansialnya. Coba sesekali renungkan diri kita, apakah kita lebih sering nongkrong di kafe dengan menghabiskan waktu berjam-jam yang tidak ada manfaatnya, kemudian apakah kita lebih sering makan di luar tapi di rumah pun kita masak.

Yuk mulai sekarang dikoreksi dan diminimalisir kebiasaan yang buruk ini. Bolehlah beberapa kali kita manjakan diri kita ini, tapi kalau bisa perlu kita kontrol juga kebiasaan kita yang satu ini.

  • Hargai waktu

Waktu adalah uang. Artinya segala waktu yang kamu gunakan bernilai harganya dan kamu harus bisa memanfaat waktu itu sebaik mungkin. Tapi jangan lupakan kesehatanmu. Kesehatan juga sangat mahal harganya.

Nah itu tadi beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mencegah pengeluaran bulananmu membengkak. Semoga bermanfaat