Ini Berat Sapi yang Disumbangkan Jokowi untuk Kurban

25

Idul adha menjadi momen yang istimewa untuk umat muslim. Di momen ini sebagian orang muslim diperintahkan Allah untuk melaksanakan ibadah berkurban dengan cara memotong hewan kurban berupa sapi, kambing, domba, kerbau atau unta. Namun di Indonesia sendiri, hewan yang biasa dipilih dan dijadikan hewan kurban adalah kambing dan sapi.

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo juga ikut berkurban di perayaan idul adha tahun ini. Beliau memilih berkurban dengan sapi dan mengirimkannya ke beberapa daerah, seperti Jayapura, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta,

Untuk wilayah Yogyakarta sendiri, beliau mengirimkan satu ekor sapi simental dengan berat sekitar 1,1 sampai 1,2 ton. Jika diperkirakan harga sapi ini mencapai Rp 100 juta. Rencananya sapi ini akan disumbangkan di beberapa masjid daerah gunung kidul.

Berbeda dengan jenis sapi yang disumbangkan Jokowi ke Gunung Kidul, untuk daerah Sleman sendiri Jokowi menyumbangkan sapi berjenis peranakan ongole yang beratnya 1 ton. Menurut pemiliknya, sapi ini dibelinya dulu Rp 18,5 juta dan kini dibeli oleh orang nomer satu di Indonesia dengan harga Rp 100 juta.

Kalau tadi kita bicara sumbangan di derah Yogyakarta, kini kita beralih sumbangan Jokowi ke daerah Surabaya. Di Surabaya sendiri, presiden kita memberikan satu ekor sapi peranakan ongole atau sapi Jawa yang beratnya 1 ton dan dibeli dari peternak pangkal kulon, Ujung Pangkah, kabupaten Gresik. Rencananya sapi tersebut akan dikurbankan dan disembelih di masjid agung akbar, Surabaya. Selain, Jokowi beberapa petinggi Jawa Timur juga ikut menyumbangkan sapi di masjid tersebut salah satunya adalah gubernur jawa timur, Khofifah Indar Parawansa.

Kemudian sapi Mike Tyson juga dijadikan Jokowi sebagai sumbangan hewan kurban di daerah Sulawesi Barat. Sapi dengan berat 1 ton ini dibeli oleh Jokowi dengan harga 85 juta. Pemilik sapi tersebut mengaku, kaget dengan tawaran harga yang diberikan jokowi, mengingat harga tersebut terlalu tinggi dari kisaran harga sapi Mike Tyson pada umumnya.

Sumbangan sapi limosin yang diberikan orang nomer 1 di Indonesia ini juga sudah diterima warga Bengkulu yang diwakili oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Bengkulu sebagai hewan kurban. Sapi yang diperkirakan beratnya berkisar 1,2 ton rencananya akan disembelih di masjid Jami, kabupaten Bengkulu Selatan.

Wah kebayang nggak sih beratnya sapi yang dibeli Jokowi? Kita doakan ya, semoga hewan kurban yang disumbangkan Jokowi menjadi amal kebaikan dan pahala untuk Jokowi dan keluarga ya.