Ini 4 Cara Agar Kamu Jadi Guru Favorit

20
guru

Menjadi guru yang dirindukan murid atau jadi guru favorit siapa sih yang nggak mau? Hampir semua guru mau dan berharap yang sama bukan? Salah? Tidak. Setiap anak pastinya memfavoritkan setiap guru yang mengajarkannya. Entah anak memfavoritkan gurunya karena ia pandai menjelaskan materi ataupun lainnya.

Lantas bagaimana sih jadi guru yang menyenangkan bagi siswa di dalam kelas dan bahkan diharapkan oleh mereka untuk selalu datang menemani belajar. Berikut tipsnya:

  • Bangun komunikasi antara guru dan murid

Komunikasi antara guru dan murid itu penting. Kenapa? Karena komunikasi dapat menyatukan tujuan yang kita harapkan dan dapat mewujudkan secara bersama-sama. Tanpa adanya komunikasi, mungkin kita akan berjuang sendiri untuk menggapai tujuan yang kita inginkan. Komunikasi justru memudahkan kalian untuk mengenal karakter antara guru dan murid

  • Jadi pendengar setia

Guru bukan hanya jadi pendidik yang mengajari mereka tentang ilmu pengetahuan, seorang guru juga harus mau mendengar keluh kesah ataupun cerita dari tiap muridnya yang mempunyai masalah dengan hidupnya. Berikan waktu dan ruang untuk mereka bercerita keluh kesahnya yang mungkin tidak bisa diceritakan ke orangtuanya ataupun temannya.

  • Berikan cara belajar yang unik

Tiap guru punya cara unik untuk mengajar ke tiap siswanya. Beberapa metode dan permainan kadang dilakukan untuk membuat muridnya merasa nyaman dan memahami pelajaran yang disampaikan. Apakah cara belajar justru membuat kendala ataupun masalah? Jawabannya tidak, karena semua itu justru membuat para murid mudah memahami materi yang sedang dipelajari dan membuat mereka lebih nyaman dan senang.

  • Tegur dengan kasih sayang

Tiap orang tentunya pernah membuat kesalahan, begitu juga anak-anak. Ketika kita menghukum mereka pun harus ada cara yang justru membuat mereka segan dan bahkan jera untuk tidak mengulanginya lagi. Bagaimana caranya? Apakah dengan hukuman fisik atau dengan cara kekerasan? Jawabannya tidak. Kekerasan hanya justru akan berdampak buruk bagi anak. Lalu bagaimana? Berikan sebuah hukuman yang mendidik dan berikan hukuman yang justru membuatnya sadar bahwa yang dilakukan salah dan tidak akan diulangi kembali.

Nah itu dia beberapa tips menjadi guru yang menyenangkan dan dirindukan para muridnya. Pasti semua guru ingin selalu dirindukan muridnya bukan? Nggak ada salahnya kamu terapkan beberapa cara di atas. Semoga bermanfaat