Inggris Dan Australia Himbau Warganya Tinggalkan Indonesia

34

Jakarta, 1 April 2020 – Pandemi virus corona saat ini ditakuti tidak hanya di beberapa negara saja. Melainkan seluruh pemerintah negara di dunia ini menghimbau semua warganya untuk lebih berhati-hati dan melakukan karantina diri untuk sementara waktu. Misalnya Inggris dan Australia yang menghimbau seluruh warganya yang di Indonesia untuk segera kembali ke negara asal secepat mungkin.

Kedua negara ini menghimbau warganya, karena melihat perkembangan virus corona yang semakin lama semakin menyebar. Selain itu, yang dikhawatirkan adalah penerbangan yang terancam akan dihentikan sehingga mengakibatkan warganya tidak bisa kembali ke negara masing-masing.

Inggris menyampaikan kepada semua warganya melalui edaran travel advice dengan laman resmi bahwa adanya pembatasan perjalanan di berbagai negara. Dan hal ini bisa saja muncul secara tiba-tiba. Pemerintah Inggris mengharapkan warga negaranya bisa secepatnya kembali ke Inggris sebelum itu terjadi.

Warga Inggris yang masih berada di Indonesia diminta untuk segera kembali ke Inggris secepatnya sebelum mereka tidak bisa kembali. Alasan mereka tidak bisa kembali adalah adanya kemungkinan penutupan penerbangan untuk ke luar negeri. Begitu pula untuk menerima tamu dari luar negeri, kemungkinan Indonesia akan tutup sementara.

Tapi jika ada warga yang tidak ada opsi untuk melakukan penerbangan pulang, maka mereka bisa menggunakan opsi KLM. Harapan pemerintah Inggris maupun Australia adalah warganya yang tidak bisa kembali ke dalam negeri agar melakukan isolasi diri agar terhindar dari serangan virus corona.

Selain Inggris, Australia juga menghimbau seluruh warganya yang masih berada di Indonesia untuk segera kembali. Dengan alasan virus corona sudah mengancam semua orang terutama penurunan opsi penerbangan yang bisa dilakukan oleh WNA.

Kedutaan Besar Australia menyampaikan bahwa opsi penerbangan menuju Australia sudah mulai berkurang dan pengurangannya terjadi secara cepat. Atau bahkan, jika penerbangan terus menurun, maka akan ditutup dan WNA tidak bisa lagi kembali ke negara masing-masing.

Kedutaan Besar Australia juga memberi pesan kepada semua warga Australia yang memutuskan untuk menetap di Indonesia agar mendapat dukungan dan akses layanan kesehatan secara baik. Dan himbauan itu kembali ditegaskan bahwa apabila warga Australia tersebut memutuskan untuk tetap tinggal di Indonesia, maka mereka juga harus siap jika tidak bisa kembali ke Australia sampai beberapa bulan ke depan.

Oleh karena itu, pemerintah berharap besar agar sebaiknya warga Inggris dan Australia segera pulang dari Indonesia. Bukan karena apa-apa, hanya saja agar pemerintah tenang jika semua warganya di rumah masing-masing dengan pengawasan mereka sendiri. Tapi, jika warga tetap memutuskan tidak kembali pihak pemerintah juga tidak mempermasalahkan.