Infused Water, Minuman Menyegarkan dan Menyehatkan

15
infused water

Belakangan ini infused water menjadi life style yang sedang naik daun di kalangan masyarakat terutama untuk mereka yang ingin hidup sehat. Namun, tahukah kamu bahwa ada segudang manfaat dari infused water ini?

Infused water adalah air mineral yang dicampur dengan buah-buahan, sayur-sayuran dan rimpang yang disimpan selama beberapa jam sebelum diminum. Proses pendiaman tersebut menyebabkan sari-sari dari buah/sayur/rimpang bercampur dengan air sehingga ketika masuk ke tubuh akan lebih cepat diserap tubuh.

Berikut manfaat infused water yang wajib kamu tahu :

  • Detoksifikasi

Banyak orang yang mulanya mengikuti gaya hidup minum infused water sebagai cara untuk diet. Namun, ada juga yang mempercayai infused water dapat membuang racun yang ada di tubuh. Bagi yang sudah mengonsumsi infused water biasanya akan merasa tubuh lebih ringan dan segar dan menganggap racun di tubuhnya hilang. Mungkin saja karena asupan air yang banyak dan serat yang tercukupi sehingga kerja ginjal dan hati sebagai organ tubuh yang menyaring racun tubuh semakin mudah. Zat–zat racun yang tersebut akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin, feses dan keringat.

  • Anti dehidrasi

Yap, karena bahan utama dari infused water adalah air. Ditambah dengan serat yang terkandung dalam buah-buahan/sayuran/rimpang sebagai campuran infused water tentunya membuat minuman kita bukan air tawar biasa.

Air memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Sekitar 60 sampai 70 pesen tubuh manusia terdiri dari air. Untuk itu setiap orang perlu asupan air yang cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh. Setiap orang disarankan minum 8-12 gelas per hari untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh.

Namun tak jarang banyak yang tidak suka mengonsumsi air mineral karena rasa tawar padahal akan fatal akibatnya bagi tubuh. Setiap orang membutuhkan kurang lebih 2 liter air per hari. Untuk itu infused water ini bisa menjadi alternatif cara minum air yang menyenangkan.

  • Cara Baru Mencukupi Serat Tubuh

Perlunya vitamin dan mineral membuat kita harus banyak-banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kementrian Kesehatan RI dan WHO menyarankan setiap orang untuk mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari atau minimal 400 gram per hari. Jika dihitung dalam satu porsi adalah 80 gram.

Nah, infused water bisa menjadi salah satu cara mengonsumsi sayur dan buah tersebut. Cukup dengan membersihkan sayur dan buah-buahan lalu memotongnya. Kemudian rendam ke air matang 6 sampai 12 jam. Infused water siap diminum. Jangan sampai lebih dari 12 jam atau minuman akan berubah masam karena proses fermentasi.

Selamat mencoba.