Informasi Perubahan Rute TransJakarta di Jakarta Terkait Banjir

18

Jakarta, 23 Februari 2020 – Hujan deras mengguyur Jakarta sejak kemarin mengakibatkan Jakarta banjir. Hal ini berpengaruh pada rute TransJakarta, seperti yang disebutkan oleh PT Transportasi Jakarta bahwa operasi armada masih berjalan namun rute mengalami perubahan. Perubahan rute tersebut sebaiknya diketahui oleh para penggunanya sehingga mereka bisa mengantisipasi perjalanan yang mereka lakukan.

PT Transportasi Jakarta menyebutkan bahwa karena ada genangan air di beberapa spot lintasan TransJakarta, sehingga rute non BRT dan rute BRT Jakarta masih tetap berjalan namun dengan pemodifikasian rute. Pengalihan rute ini berlangsung hingga genangan air yang ada di jalur yang bersangkutan surut dan armada TransJakarta dapat dilalui.

Inilah informasi lengkap pengalihan rute TransJakarta pada Minggu, 23 Februari 2020 akibat banjir.

  1. Rute BRT

Layanan masih berjalan dengan normal namun rute yang dilalui ada perubahan.

  • Jalur Pulo Gadung – Harmoni

TransJakarta berjalan mulai dari Pulo Gadung dengan jalur koridor 4 – melewati halte Pasar Pulo Gadung – kemudian halte Tu-gas – jalan lurus – Matraman – Masuk ke jalur koridor 5 – jalan lurus –  melewati halte Salemba Carolous – halte Atrium – melewati RSPAD – masjid Istiqlal – Juanda – Pecenongan – dan berhenti di Harmoni.

  • Jalur Harmoni – Pulo Gadung

TransJakarta melalui halte Monas – halte Balkot – Gambir 2 belok kiri melalui Gambir 1 –  halte masjid Istiqlal kemudian belok ke kanan Lap Banteng rute kor 5c Senen atas lalu pelayanan di Pal Putih – Keramat Sentiong – Salemba UI kemudian belok kiri Matraman masuk jalur Koridor 4 hingga Pulo Gadung

Halte di atas ialah halte yang dilalui, berikut halte yang tidak dilalui

  • PG-HCB

Halte Bermis, Pulomas, Cempaka Timur,  ASMI, Cempaka Tengah, RSI, Ps Cempaka, Galur, Senen dan Rawa Selatan.

  • HCB – Pulo Gadung

Halte Kwitang, halte Galur, Senen, Pasar Cempaka, Rawa Selatan, Cempaka Tengah, Cempaka Timur, RSI, ASMI, Pedongkelan, Bermis dan Pulomas.

Akibat genangan air yang tinggi di kawasan Jalan Ahmad Yani, maka TransJakarta tidak melewati Halte Pulomas untuk sementara sampai Halte Sunter Kelapa Gading.

  1. Rute Non BRT

Rute mikrotrans yang berhenti beroperasi yaitu sebagai berikut.

Jak 17 : jalur Senen – Pulogadung

Jak 24 Senen – PG melalui Kelapa Gading

Jak 27 Pulogebang – Rorotan

Jak 29 jalur Tanjung Priok menuju Semper

Jak 33 jalur Pulogadung ke kota

Jak 40 jalur Pulogebang menuju Taman Harapan Baru

Jak 51 jalur Taman Kota ke Budi Luhur

Jak 58 jalur Rorotan hingga Cilincing

Jak 59 jalur Rawamangun ke Rawa Sengon