Indonesia Loloskan Dua Wakil di Semifinal BAC 2018

35

Dalam Ajang Badminton Asia Championships 2018, Indonesia berhasil menempatkan dua wakilnya ke semifinal dari empat wakil yang lolos ke perempat final. Dua wakil tersebut berasal dari kategori ganda putri dan ganda campuran.

Sumber: IndoSport

Disektor ganda campuran, Pasangan senior Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menjadi unggulan pertama, lolos ke semifinal dengan mengalahkan ganda tuan rumah China, He Jiting/Du Yue dengan rubber game, 21-11, 9-21, dan 21/10 dalam kurun waktu 42 menit

Kemudian di semifinal, pasangan Owi/Butet ini akan menghadapi ganda China lainnya yaitu Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Pertemuan ini bisa menjadi ajang bagi mereka untuk membalas kekalahan saat berhadapan satu sama lain di Indonesia Masters 2018. Dimana kala itu, Owi/Butet harus takluk dengan skor 14-21 dan 11-21.

Sumber: PBSI

Pasangan lainnya yang lolos ke semifinal adalah pasangan Blockbuster dari sektor ganda putri. Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta memberi kejutan kedua dengan lolos ke semifinal mengalahkan ganda putri Jepang, yakni Naoko Fukuman/Kurumi Yonao dengan straight game, 21-12 dan 21-12.

Pasangan ini tidak diunggulkan namun berhasil memberi kejutan dengan mencetak hattrick mengalahkan pasangan unggulan teratas China, Chen Qingchen/Jia Yifan selama tiga kali berturut – turut di turnamen yang berbeda. Sementara itu, di semifinal BAC 2018 nanti akan bertemu ganda putri Jepang lainnya, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

“Menurut kami, Fukushima/Hirota kualitas permainannya lebih bagus dari lawan kami pada saat perempat final. Mereka, permainannya terlihat lebih stabil. Semoga kami bisa mengalahkan dan menandingi permainan mereka di semifinal,” tutur Rizki soal laga semifinal.

Sementara itu, dua wakil Indonesia lainnya harus terhenti di babak perempat final. Adalah Greysia Polli/Apriyani Rahayu yang lagi-lagi harus tunduk oleh unggulan kedua asal Jepang, Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi dengan straight game 19-21 dan 14-21. Sementara itu, pasangan ganda campuran Ricky Karandasuwandi/Debby Susanto juga gagal ke semifinal setelah dikalahkan kedua asal China, Wang Yilyu/Huang Dongping, 15-21 dan 19-21.