Indonesia Kehabisan Wakil Ganda Putri di Turnamen Bulutangkis Swiss Open 2019

33

Dua perwakilan bulu tangkis sektor ganda putri Indonesia, Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto belum berhasil lolos ke babak perempat final. Keduanya sama-sama tumbah di babak 16 besar Swiss Open 2019.

Diawali dengan pasangan Yulfira/Jauza yang berhasil dikalahkan oleh pasangan asal Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva dengan perolehan skor akhir 20-22 dan 12-21. Pertarungan Yulfira/Jauza melawan Stoeva bersaudara itu berlangsung cukup alot. Di gim pertama, pasangan Indonesia sempat memimpin dengan perolehan skor 20-16.

Namun kemudian keadaan ini berbalik dengan Yulfira/Jauza yang kehilangan enam poin hingga akhirnya Gabirela/Stefani berhasil memenangkan gim pertama. Hingga di gim kedua pasangan Bulgaria terus menguasai jalannya pertandingan hingga mereka kembali memimpin dan membawa nama mereka masuk ke babak perempatfinal.

Kekalahan Yulfiran/Jauza diakui mereka sendiri karena terlalu buru-buru di saat poin kritis. Niat membalikkan keadaan di gimkedua namun lawan sudah terlanjur mampu membaca pola permainan mereka hingga akhirnya pasangan lawan kembali memimpin permainan hingga akhir.

Pasangan ganda putri lainnya yang sempat bertanding di babak 16 besar adalah Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Namun sayangnya keduanya mampu dikalahkan oleh pasangan ganda putri unggulan pertama asal China, Chen Qingchen/Jia Yifan. Pasangan China itu berhasil mengalahkan Agatha/Fadia dalam straight game dengan total waktu 36 menit dan perolehan skor 17-21, 14-21.

Dalam jalannya gim pertama, Agatha/Fadia masih mampu mengimbangi permainan lawan dengan apik. Dalam poin-poin awal, pasangan China itu memimpin dengan perolehan skor tipis yaitu 5-6. Namun sejurus kemudian Chen Qingchen/Jia Yifan berhasil meraih skor berturut-turut hingga perolehan menjadi 5-16.

Di titik ini pasangan Indonesia mencoba mengerahkan kemampuan dengan berjuang mati-matian mengejar skor lawan. Namun pada akhirnya gim pertama dimenangkan oleh pasangan China dengan skor 17-21.

Hingga pada gim kedua perlawanan pasangan Indonesia tak jauh berbeda dengan gim pertama. Agatha/Fadia mampu memberi perlawanan di awal pertandingan, namun di pertengahan hingga akhir pasangan Chen Qingchen/Jia Yifan yang kembali berhasil memenangkan pertandingan.

Kekalahan Agatha/Jauza menjadi akhir dari perjuangan sektor ganda putri Indonesia di turnamen Swiss Open 2019. Meski begitu di babak perempatfinal Indonesia masih memiliki 5 perwakilan. Tiga wakil di sektor ganda putra, satu wakil tunggal putra dan satu wakil ganda campuran.