Indonesia Darurat Asap Menjadi Trending Topik Di Social Media

17

Kabut asap akibat pembakaran hutan dan lahan di Kabupaten Riau semakin pekat dan tentunya membahayakan kesehatan para warga setempat.

Berdasarkan perhitungan data yang didapat dari Indeks Sementara Pencemaran Udara (ISPU) menunjukkan bahwasannya tujuh dari sembilan alat ISPU tersebut menunjukkan tingkat polusi yang ada di Kepulauan Riau berwarna hitam yang artinya berbahaya, sedangkan sisanya menunjukkan bahwa merah yang artinya tidak sehat.

Dengan keadaan seperti ini, sudah jelas menyimpulkan bahwa kualitas udara yang ada di Kepulauan Riau sangat berbahaya dan memburuk dari keadaan sebelumnya.

Saat ini upaya dari pemerintahan setempat adalah melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di beberapa titik, di mana di titik-titik tersebut membawa kepulan asap yang sangat membahayakan bagi warga Riau.

Menurut Edwar Sangar selaku wakil komandan satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau mengatakan “Kita (warga Riau) ini makin parah karena asap kiriman dari tetangga (Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel)) semakin parah”

Berdasarkan informasi setempat, sudah hampir tiga bulan terakhir Pekanbaru mulai diselimuti asap yang semakin pekat dan membahayakan kesehatan warga setempat. Akibatnya, pemerintah setempat mulai meliburkan semua sekolah dan perguruan tinggi serta universitas di Pekanbaru. Hal ini dilakukan karena bahayanya asap yang dihirup jika banyak warga yang keluar rumah.

Tak hanya meliburkan sekolah, beberapa pesawat yang ingin terbang pun batal berangkat dikarenakan tebalnya asap yang dikhawatirkan membahayakan para calon penumpang untuk berangkat. Masalah tidak berhenti disitu saja, saat ini banyak warga yang terserang penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) dikarenakan asap hitam yang memenuhi udara Kepulauan Riau.

Di media social sendiri, tagar Indonesia darurat asap menjadi trending topik. Berikut cuitan warganet di twitter
“Indahnya Negeriku
Bukan air terjun niagara
Bukan pula festival digantara

Indahnya negeriku
Bukan negeri di atas awan
Ini negeri di atas asap
Rest in peace, paru2 dunia#IndonesiaDaruratAsap”

“Lebih 40rb orang terpapar ISPA di Riau
Kabut asap yang melanda propinsi Riau berdampak terhadap kesehatan warga. Hingga saat ini tercatat lebih dari 40.000 masyarakat Riau terserang ISPA.#IndonesiaDaruratAsap”

“Paru-paru kami tidak terbuat dari baja pak jokowi. Kami tidak mau tutup usia diumur kami yang masih dini, masa depan kami masih panjang. Suatu saat nanti kami pun juga mau menjadi presiden seperti bapak Jokowi. #jeritanriau #saveriau #riauberdukakabutasap

Dari beberapa cuitan diatas sepertinya, pemerintah harus segera memberikan solusi yang tepat, karena seperti kita tahu asap yang membahayakan di Kepulauan Riau bukan hanya sehari dua hari, akan tetapi sudah hampir tiga bulan terakhir terhitung dari akhir bulan Juli Kemarin.

Besar harapan dari warga setempat, agar Kepulauan Riau dapat kembali seperti semula. Memiliki udara yang bersih dan tentunya sehat untuk kehidupan mereka.