Indonesia Amankan Satu Tiket Ganda Putra di Babak Semifinal Swiss Open 2019

37

Indonesia dipastikan memiliki satu perwakilan sektor ganda putra di semifinal turnamen bulu tangkis Swiss Open 2019. Di babak perempat final turnamen Super 300 ini, dua wakil ganda Indonesia akan dipertemukan. Mereka adalah pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan pasangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso. Mereka akan menghadapi babak perempat final pada Jumat, 15 Maret 2019.

Dari kedua pasangan ini, pasangan Wahyu/Ade terlebih dahulu yang berhasil lolos dari babak 16 besar Swiss Open 2019 setelah berjuang melawan rekan satu negaranya yaitu Berry Angriawan/Hardianto. Perang saudara ini dimenangkan oleh Wahyu/Ade dengan perolehan skor 21-19, 10-21, dan 22-20. Kemenangan tersebut membawa mereka ke babak perempat final dan akan kembali melawan rekan satu negaranya yaitu Fajar/Rian.

Menyusul kemenangan Wahyu/Ade, pasangan Fajar/Rian juga berhasil mengantongi tiket menuju babak perempat final setelah menang melawan wakil ganda putra asal Denmark, David Daugaard/Frederik Sogaard. Meskipun lawan sempat meningkatkan power di gim kedua, namun akhirnya Fajar/Rianlah berhasil keluar sebagai pemenang dengan straight game dengan perolehan skor 21-14 dan 21-18.

Melawan rekan senegaranya di babak perempatfinal, Fajar/Rian mengaku bahwa mereka sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari permainan masing-masing. Jadi yang diperlukan nanti di lapangan hanyalah fokus. Meskipun mengakui bahwa lebih sulit melawan rekan sendiri, namun Fajar/Rian optimis bisa memenangkan pertandingan karena mereka sudah memahami karakter dari lawannya.

Sementara Wahyu/Ade mengaku tak keberatan kembali melakukan ‘perang saudara’ menghadapi Fajar/Rian setelah sebelumnya mereka telah bertarung melawan Berry/Hardianto. Mereka justru menyambut positif dan menanti hal ini di babak selanjutnya karena dengan mereka kembali bertemu dengan wakil Indonesia, siapapun yang akan menang maka Indonesia akan tetap dipastikan masuk ke babak semifinal nanti. Meski begitu mereka akan tetap berusaha dan menampilkan kemampuan yang terbaik.

Dengan lolosnya dua pasangan indonesia ini di babak perempat final dan dipastikan akan bertemu di lapangan, maka Indonesia telah dipastikan akan memiliki perwakilan ganda putra di babak semifinal nanti. Adanya pertarungan saudara menjadi yang pertama bagi kedua pasangan ganda putra ini di turnamen resmi.