Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasi Insomnia Parah

23
cara mengatasi insomnia

Siapa yang masih sering mengalami insomnia? Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur dimana sang penderita kesulitan untuk tidur atau sering kebangun padahal baru tidur sebentar. Bagi penderitanya, insomnia merupakan gangguan tidur yang sangat mengganggu. Terutama dengan gangguan tidur yang tidak menentu, maka jadwal aktivitas sepanjang hari juga ikut terpengaruh. 

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting untuk manusia. Selain untuk mengembalikan stamina, tidur juga mampu memperbaiki sel – sel rusak yang ada di dalam tubuh agar tubuh bisa pulih kembali. Bila seseorang mengalami kekurangan waktu tidur, bisa menyebabkan fungsi tubuh menurun, baik itu konsentrasi atau daya tahan tubuh. 

Berikut ini Dori akan membahas bagaimana solusi dan cara mengatasi insomnia agar waktu tidur berkualitas dan mendapatkan tubuh yang sehat. Simak selengkapnya di bawah ini ya.

  • Biasakan Gunakan Tempat Tidur hanya Untuk Tidur

Cara mengatasi insomnia yang pertama adalah dengan tetap menjaga pikiran secara jelas mengenai fungsi tempat tidur. Secara alamiah, bila kita seringkali beraktivitas apapun di tempat tidur, tubuh juga akan mengembangkan kebiasaan yang mengarah kepada gangguan tidur insomnia.

Kemudian, bila tiba – tiba kamu terbangun tengah malam, yang memang merupakan bagian dari insomnia, coba bangkit dari tempat tidur selama sekitar 20 menit. Cara ini merupakan cara mengajarkan tubuh untuk mengenali bahwa tempat tidur adalah hanya untuk tidur, bukan aktivitas lain.

  • Biasakan Pergi Tidur Saat Benar – benar Lelah

Cara kedua yaitu yakinkan diri kalau berbaring di kasur hanya diperuntukkan disaat kamu benar – benar lelah. Karena saat kamu merasa benar – benar lelah, kondisi ini mampu membuat tubuh dan pikiran anda cepat terlelap. Disarankan untuk tidak membawa benda apapun ketika tidur. 

Lalu, tinggalkan ruangan tidur dan beraktivitas secukupnya saat kamu terbangun di tengah malam, dan kembali lagi berbaring saat merasa lelah lagi. Walaupun begitu, ada baiknya untuk tetap menjaga waktu tidur agar mengurangi insomnia secara efektif.

  • Meditasi

Cara ketiga adalah dengan meditasi. Meditasi merupakan jenis pengobatan standar yang bisa mengurangi insomnia. Walaupun begitu, meditasi bisa mengistirahatkan otak setelah beraktivitas sepanjang hari. Meditasi yang bisa dilakukan adalah dengan melatih pernapasan sehingga bisa membuat tubuh rileks serta menjaga fokus.

  • Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Salah satu Cara mengatasi insomnia s selanjutnya untuk mengurangi insomnia. Dan mandi air hangat dianggap efektif. Hal ini dikarenakan biasanya setelah mandi, badan menjadi lebih rileks, dan lebih berenergi. Kemudian, setelah itu biasanya cepat mengantuk.

  • Terapkan Jam Tidur yang Teratur

Cara kelima yaitu dengan menentukan jam tidur. Baik bangun dan mau tidur setiap hari secara teratur, akan membantu tubuh terbiasa untuk mendapatkan tidur nyenyak. Oleh karenanya cara mengatasi insomnia yang alami yaitu menentukan jam saat merasa paling lelah dan mengantuk, dan bangun pagi dengan waktu yang tepat. Biasanya, jam tidur orang dewasa akan tidur sekitar pukul 10 hingga 11 malam.

Nah itu tadi beberapa solusi dan cara mengatasi insomnia bagi para penderita insomnia. Semoga tips – tips ini menjadi penyembuh bagi kamu yang ingin mengurangi gangguan tidur satu ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.