Ide Snack Sehat Selama Self-Quarantine

51

Apakah kamu jadi lebih kreatif di dapur selamat Self-Quarantine masa pandemi ini? Kalau iya, tentu hal ini bagus banget karena dalam masa karantina kesehatan yang hanya di rumah bisa jadi kegiatan positif dan bermanfaat.

Setuju ngga kalau selama di rumah jadi selalu ingin makan? Makan snack sambil work from home atau school from home pastinya bikin kita makin betah deh. Tapi hati – hati ya tetap pilih snack sehat untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap terjaga!

Berikut adalah ide snack sehat dengan bahan utama chia seed. Sebelum info resepnya, yuk kenalan dulu dengan chia seed!

Apa itu Chia Seed ?

Chia seed adalah bijian-bijian kecil dari tanaman Salvia hispanica, salah satu jenis tanaman mint.  Warna chia seed bervariasi dari hitam, abu-abu, maupun hitam dengan bercak-bercak putih. Bentuknya oval dengan ukuran sekitar 1-2mm. Chia seed berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kata chia sendiri pun berasal dari bahasa suku Maya yang artinya kekuatan.

Pada awalnya, budidaya chia sebagai bahan pangan pokok hanya dilakukan oleh suku-suku di Mexico dan Guatemala, tetapi saat ini budidaya chia tidak terbatas di Amerika saja, melainkan sudah berkembang hingga Australia dan Asia Tenggara.

Di Indonesia, chia seed bisa Anda dapatkan di supermarket maupun toko-toko khusus yang menjual bahan makanan sehat. Sediaannya pun bermacam-macam, ada yang masih berupa biji-bijian utuh ataupun berupa produk komersil lainnya seperti sereal, makanan ringan, dll.

Chia seed mengandung banyak zat yang  bermanfaat bagi tubuh seperti asam lemak omega 3, serat, antioksidan, dan mineral.  Dalam 1 porsi chia seed (sekitar 30g) terkandung 138 kalori, 9 gram lemak (sebagian besar berupa lemak tidak jenuh – lemak sehat), 10 gram serat, dan 6 gram protein. Kelebihan chia seed lainnya yaitu tidak mengandung gluten dan kaya akan antioksidan.

Chia seed dapat diolah menjadi snack sehat dan nikmat dengan bahan yang mudah didapat sebagai berikut :

Resep membuat Chia Seed Pudding

  • Siapkan chia seed dan dairy milk / non dairy milk (dapat dipilih sesuai selera)
  • Siapkan topping seperti buah potong, kacang almond, kismis dan sebagainya sesuai selera
  • Siapkan mangkuk, campurkan 3 sendok makan chia seed dengan 3 cup susu (rasio ini dapat diatur sesuai dengan selera) Apabila ingin hasil chia seed pudding yg lebih kental, chia seed dapat ditambahkan)
  • Aduk merata dan dinginkan di dalam kulkas selama 4 jam
  • Sajikan dengan topping favoritmu.
  • Nikmati untuk sarapan, brunch, snacking dan dessert !

Mudah kan? Selamat mencoba ya!